Kisah Berliku Hamzah Haz Terpilih jadi Wakil Presiden Kalahkan Akbar Tandjung di Sidang Istimewa MPR

Vitrianda Hilba Siregar
Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani dan Hamzah Haz (Foto: Arie Dwi Satrio)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mencapai puncak prestasi sebagai parpol adalah saat Hamzah Haz terpilih menjadi wakil presiden mendampingi Megawati Soekarnoputeri sebagai presiden.

Hamzah Haz terpilih menjadi wapres melalui proses pemilihan di Sidang Istimewa Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 2001. Drama politik saat itu begitu terasa kental di gedung Parlemen di Senayan, Jakarta.

Hamzah Haz terpilih setelah mengalahkan sejumlah tokoh ternama lainnya yang ikut bertarung yakni Akbar Tandjung, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Siswono Yudhohusodo.

Sebelum proses pemungutan suara dimulai banyak yang menganalisa bahwa Akbar Tandjung akan cukup mudah mengalahkan Hamzah Haz, SBY dan Siswono, ternyata tidak.

Awalnya, Akbar Tandjung yang juga Ketua DPR saat itu tidak berniat maju sebagai calon wapres . Partai Golkar justru mendukung Hamzah. Namun cerita politik berkata lain, Partai Golkar mengajukan Akbar Tandjung sebagai cawapres. Padahal sebelumnya sudah ada komitmen Partai Golkar memberi dukungan kepada Hamzah Haz.

Dukungan penuh kepada Hamzah Haz selain dari Fraksi PPP, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendukung penuh. Selain dukungan dari Fraksi PDIP, keunggulan Hamzah juga didapat dari pendukung SBY, yakni Fraksi TNI/Polri.

Pemilihan cawapres kala itu dibagi menjadi dua putaran. Pada putaran pertama Hamzah berhasil mengungguli Akbar Tandjung, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Siswono Yudhohusodo. Pada putaran kedua Hamzah Haz berhadapan dengan Akbar Tandjung.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network