get app
inews
Aa Read Next : HKN ke-59, Dinkes Sumut Upaya Penyelesaian Empat Masalah Kesehatan Utama 

5 Daftar Negara Tujuan Operasi Plastik, Nomor 2 Thailand

Sabtu, 03 September 2022 | 11:00 WIB
header img
Oppa korea operasi plastik (Foto: Revelogue)

iNewsMedan.id - Saat ini operasi plastik sudah bukan lagi menjadi satu hal yang asing. Banyak masyarakat dunia yang menjadikan operasi plastik sebagai jalan agar lebih tampil percaya diri di muka umum.

Lalu, negara mana saja yang biasanya dijadikan tujuan operasi plastik? Berikut informasinya.

1. Korea Selatan

Bicara mengenai operasi plastik, pasti negara Korea Selatan tidak terlepas dari pembahasan tersebut. Negara ini menjadi tujuan operasi plastik bagi banyak warga asing. Ada beberapa jenis operasi plastik yang paling digemari di Korsel, seperti pengecilan rahang, penghilangan lemak pada kelopak mata, pelebaran mata, operasi hidung agar lebih mancung, hingga mempercantik bentuk dagu.

Operasi plastik menjadi sangat populer di negara ini karena memang banyak masyarakatnya yang kurang percaya diri dengan bentuk tubuh yang dimilikinya. Laman Korea Expose menyebut, sebagian besar pasien operasi plastik merasa mendapat diskriminasi akibat memiliki bentuk tubuh yang kurang memuaskan. Menurut sebagian besar masyarakat, operasi plastik bisa menjadi kesempatan untuk memperbaiki nasib.

Bahkan, orangtua di Korsel seringkali memberikan hadiah ulang tahun berupa operasi plastik untuk anaknya. Beriringan dengan itu, jumlah klinik yang menawarkan jasa operasi plastik juga meningkat hingga melebihi angka seribu. Terkait biaya, tentunya tiap-tiap klinik mematok tarif berbeda bernilai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Pantesan di Korea banyak oppa tampan, mungkin karena oplas ya?

2. Thailand

Negara selanjutnya yang menjadi destinasi operasi plastik adalah Thailand. Melansir laman Bangkok Hospital, harga untuk operasi plastik cukup beragam, mulai dari 40 ribu baht hingga 303 ribu baht. Tarif tersebut tentunya sesuai dengan jenis operasi yang diinginkan. Operasi untuk mengubah bentuk hidung adalah jenis operasi plastik termurah yang mematok tarif sekitar Rp16,7 juta. Sementara itu, tindakan operasi plastik termahal dengan harga Rp126 juta adalah sedot lemak guna mendapatkan perut yang kencang dan lembut.

Melansir BBC, banyak masyarakat dari negara lain yang lebih memilih untuk melakukan operasi plastik di Thailand. Sebab, biayanya tergolong murah jika dibandingkan dengan biaya operasi plastik di Eropa. Dengan harga murah itu, pasien sudah mendapatkan fasilitas medis kelas atas, dengan dokter-dokter Thailand yang ahli dan selalu mengembangkan penelitiannya di bidang tersebut.

Bukan hanya di klinik, prosedur operasi plastik juga bisa dilakukan di rumah sakit besar di Thailand yang sudah bertaraf internasional. Ditambah, kualitas layanannya yang sangat baik dan kepuasan pasien yang juga merasa maksimal. Sebagian besar pasien asing meninggalkan Thailand dengan perasaan senang dan bahagia dengan bentuk baru anggota wajahnya.

3. India

India adalah salah satu negara yang sudah sangat lama menerapkan praktik operasi plastik. Melansir laman Asosiasi Ahli Bedah Plastik India (APSI), India menjadi tujuan operasi plastik lantaran pasien akan mendapatkan perawatan kelas dunia, namun dengan harga terjangkau. Ahli bedah plastik India disebut memiliki reputasi mumpuni dalam hal perawatan bedah plastik. APSI juga memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan operasi plastik di India.

Pertama, calon pasien harus mempelajari atau minimal mengetahui kredensial dokter. Riset tentunya harus dilakukan, bersamaan dengan keputusan jadi atau tidaknya melakukan operasi plastik. Kedua, calon pasien baiknya terhubung lebih dahulu dengan dokter bedah plastik. Bisa pula melakukan konsultasi awal menggunakan surel atau sambungan video. Dengan begitu, calon pasien bisa mendapat penjelasan lengkap mengenai prosedur operasi dan keadaan setelah menjalani operasi. Ketiga, yang sangat perlu diperhatikan para calon pasien yang berada di luar India, melakukan riset tentang ketetapan bepergian ke India untuk alasan medis. Jika memungkinkan, calon pasien bisa melakukan tes kesehatan terlebih dahulu untuk selanjutnya dilaporkan kepada dokter yang bertindak di India.

Masuk ke pembahasan biaya, tarif operasi plastik di India juga berbeda-beda, seperti halnya di negara-negara lain. Tarif tersebut disesuaikan dengan jenis operasi yang diinginkan. Contohnya, augmentasi payudara yang membutuhkan dana Rp16,8 juta. Ada pula operasi plastik dengan mengubah bentuk kelopak mata yang dibidik dengan harga Rp13 jutaan.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut