get app
inews
Aa Read Next : Dua Tahun Berkembang Pesat, Universitas Satyatera Bhinneka Dapat Apresiasi Dirjen Diktiristek 

Motivasi Guru, Sofyan Tan : Ajarkan Siswa Bikin Private Jet, Jangan Biasakan Nebeng

Jum'at, 20 September 2024 | 19:12 WIB
header img
Sofyan Tan saat menjadi keynote speaker dalam pada acara Workshop Pendidikan dengan Tema Peran Pendidikan dalam Penyiapan SDM Unggul Indonesia Emas 2045 di Hotel & Resort Pancur Gading, Deli Serdang, Jumat (20/9). (iNewsMedan.id/Istimewa)

DELISERDANG, iNewsMedan.id – Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan dr Sofyan Tan memberikan motivasi kepada para guru dan kepala sekolah agar mampu mempersiapkan generasi unggul menuju Indonesia Emas 2045.

Hal itu disampaikannya saat menjadi keynote speaker dalam pada acara Workshop Pendidikan dengan Tema Peran Pendidikan dalam Penyiapan SDM Unggul Indonesia Emas 2045 di Hotel & Resort Pancur Gading, Deli Serdang, Jumat (20/9). 

Sofyan Tan mengatakan, guru yang masih menggunakan metode searah, hafalan dan mengajar dengan sistem doktrin sudah tidak bisa lagi diterapkan ke siswa. Sebab siswa saat ini sudah mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan dari google. Jadi, jika masih ada sekolah yang membiarkan gurunya mengajar dengan metode lama, maka dipastikan 2024 bukan mencapai Indonesia emas, tapi Indonesia cemas. 

Sofyan Tan menyebutkan, peran guru yang tepat saat ini sudah seperti fasilitator, atau bahasa awamnya menurut dia adalah guru sebagai makjomblang. Dimana guru berperan dalam memperkenalkan siswa ke dunia atau lingkungan yang akan dihadapinya kelak dengan sumber-sumber ilmu pengetahuan yang terbarukan. Guru juga harus mampu menjadi pemantik dalam diskusi agar siswa tertarik. 

Sofyan Tan mencontohkan, saat ini dengan teknologi digitalisasi setiap orang bisa menjadi intelijen. Hal itu dialami istri Kaesang yang hanya gara-gara berfoto dengan latar belakang jendela pesawat, netijen langsung gerak cepat mengidentifikasi bahwa itu adalah private jet.

Bahkan ada yang sampai bisa menelusuri jenis pesawatnya, tujuan kemana dan jam berapa terbangnya. Keahlian tersebut tentu bukan didapat dari sekolah dan bersumber dari guru yang mengajar. Artinya, masyarakat atau pun siswa saat ini sudah bisa menguasai informasi dan pengetahuan hanya dengan teknologi digital. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut