get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi Grant Thornton dan BEI: Ciptakan Peluang Besar untuk Pertumbuhan Bisnis di Era Digital

E-HRM dan HRIS Dalam Era Digital

Senin, 18 Desember 2023 | 15:16 WIB
header img
E-HRM dan HRIS Dalam Era Digital. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Perkembangan teknologi yang demikian pesat berdampak pada berbagai bidang dalam organisasi, salah satunya adalah bagian Manajemen Sumber Daya Manusia (HRM) secara fundamental. Dulu, HRM sangat bergantung pada proses manual dan administratif yang memakan waktu, seperti pengelolaan data karyawan, administrasi penghitungan gaji, dan pencatatan kinerja karyawan. 

Namun dengan munculnya teknologi informasi dan sistem manajemen terintegrasi, HRM menjadi lebih efisien dan efektif.  Sistem Electronic Human Resource Management (E-HRM) dan Human Resource Information System (HRIS) telah menghadirkan solusi otomatisasi untuk berbagai tugas HRM, seperti perekrutan online yang cepat, pelacakan data karyawan yang lebih efisien, manajemen kinerja yang terukur, serta analisis data yang mendalam untuk mendukung pengambilan keputusan strategis.

Apa itu EHRM dan HRIS?

EHRM

Menurut Strohmeier (2007): EHRM merupakan integrasi sistem-sistem informasi yang mengelola data dan proses HR secara elektronik. Ini mencakup aplikasi-aplikasi yang mendukung manajemen sumber daya manusia, seperti sistem manajemen kinerja, sistem informasi karyawan, sistem kompensasi, dan sistem manajemen talenta.

HRIS

Menutut Snell dan Bohlander (2010) Human Resources Information System (HRIS) adalah sistem komputerisasi yang menyediakan data terbaru dan akurat untuk tujuan pengambilan keputusan.

Kelebihan EHRM dan HRIS:

EHRM

EHRM dapat membantu mengintegrasikan fungsi-fungsi seperti manajemen talenta, pengembangan karyawan, analisis data HR, dan seringkali memiliki komponen yang lebih besar dalam strategi manajemen karyawan. EHRM membantu menangani masalah perekrutan, pelatihan, penilaian kinerja berkala, promosi, pemindahan, dan pemeliharaan karyawan. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut