get app
inews
Aa Read Next : Besok, Ganjar Pranowo Kampanye Akbar di Lapangan Astaka Deli Serdang

Ramai Soal Pengungsi Rohingya, Ganjar Pranowo: Butuh Lebih Kritis dan Analitis

Kamis, 07 Desember 2023 | 16:05 WIB
header img
Calon Presiden Ganjar Pranowo tanggapi soal pengungsi Rohingya di Aceh. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pengungsi etnis Rohingya yang belakangan ini viral mendapatkan perhatian dari Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo, Ia mendukung segala keputusan pemerintah baik menerima ataupun tidak terkait pengungsi Rohingya yang sekarang berada di Aceh.

Menurutnya, pemerintah banyak pertimbangan yang perlu dikaji, plus minusnya terkait polemik pengungsi Rohingya. 

“Saya berharap agar pemerintah dapat segera menyelesaikan masalah ini (pengungsi Rohingya),” ujarnya di sela-sela kunjungan ke Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (6/12/2023).

Ganjar memberikan dukungan kepada Mahfud MD, pasangannya sebagai cawapres yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) untuk mampu menyelesaikan tugasnya menangani pengungsi Rohingya sebagaimana diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Ya, sedang dilakukan assessment (penilaian) kan ya. Saya kira itu cara paling netral sebelum kita memutuskan iya atau tidak,” katanya. 

Diketahui situasi politik dunia hari ini begitu cepat mengalami perubahan. Mulai dari konflik Ukraina, persaingan ekonomi antara China dan Amerika Serikat, konflik Palestina hingga pengungsi Rohingyayang setidaknya mengubah konstelasi dunia. 

Posisi Indonesia kata Ganjar, menjadi tidak mudah menghadapi tantangan geopolitik hari ini dan mendatang. Sebab itu dibutuhkan pemikiran yang lebih kritis, lebih analitis untuk membaca perubahan-perubahan yang terjadi. 

“Kita butuh lebih kritis, kita butuh lebih analitis karena itu sangatlah penting untuk membaca perubahan-perubahan lingkungan eksternal apalagi dunia yang saat ini berlangsung begitu cepat,” kata Ganjar. 

Editor : Chris

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut