get app
inews
Aa Read Next : Atalia Masuk Bursa Pilwakot Bandung, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

Penampakan Kampung Kambing di Desa Cibuntu

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 20:00 WIB
header img
Penampakan Kampung Kambing di Desa Cibuntu. (Foto: YouTube Usep Suhud)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Terdapat keindahan alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi di Desa Cibuntu, Kuningan, Jawa Barat.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Kuningan adalah Gunung Ciremai, yang memiliki ketinggian mencapai 3.078 meter di atas permukaan laut. Selain ada pemandangan pegunungan, Kuningan juga punya air terjun, perbukitan yang eksotis, hingga taman wisata alam yang Instagramable.

Namun, di balik keindahan alam di kuningan ada satu desa terpencil yang memiliki keunikan. Ya, desa tersebut adalah Cibuntu, di Kecamatan Pasawahan. Desa Cibuntu memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Pemandangan alam yang indah dan hijau tampak terlihat eksotis. Jika berkunjung ke Kota Kuningan, Anda harus menelusuri objek wisata yang ada di kaki Gunung Ciremai.

Desa ini memang terpencil dan berada di lereng Gunung Ciremai, tapi untuk keindahan alamnya jangan ditanyakan lagi. Sebab, Cibuntu pernah dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik ASEAN ke-5 dan desa wisata terbaik ke-2 di Indonesia.

Penasaran, seperti apa keunikan Desa Cibuntu yang ada di Kuningan, Jawa Barat ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (16/8/2023).

Kampung Unik di Kuningan

Ya, kampung unik di Kuningan ini ada di Desa Cibuntu. Desa ini memiliki keistimewaan dari suasana alamnya yang sejuk dan warga sekitar sangat disiplin dalam menjaga lingkungan. Berada di sini, Anda dapat menikmati keindahan sawah hijau seluas 30 hektare sejauh mata memandang. Salah satu daya tarik utama di Desa Wisata Cibuntu adalah keindahan persawahan yang luas dengan latar belakang perbukitan hijau yang indah. Anda dapat menikmati pemandangan yang menenangkan sambil berjalan-jalan atau bersepeda di sekitar desa ini.

Selain itu, di Desa Cibuntu juga terdapat berbagai fasilitas untuk para pengunjung, seperti gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai, area piknik, dan juga rumah tradisional Jawa yang bisa dikunjungi. Desa ini juga sering menggelar acara seni dan budaya untuk memperkenalkan kekayaan budaya lokal kepada para pengunjung.  Jadi, jika Anda mencari tempat untuk menikmati keindahan alam dan merasakan suasana perdesaan yang asri, Desa Cibuntu bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi di Kuningan.

Permukiman Dihuni Kambing

Salah satu keunikan lainnya di desa ini adalah juga terdapat kampung kambing. Ya, di salah satu lahan di Desa Cibuntu terdapat permukiman yang dihuni oleh kambing. Ya, jika dilihat dari kejauhan, bangunan yang tersusun rapi ini tampak seperti rumah kayu. Tapi siapa sangka, ternyata rumah-rumah tersebut dihuni oleh beberapa ekor kambing.

Seluruh kambing ini ternyata milik warga Desa Cibuntu yang disimpan di permukiman ini. Tidak heran jika permukiman ini dijuluki sebagai Kampung Kambing. Bagi warga Desa Cibuntu, peternakan kambing bukan sekadar peternakan. Mereka menjadikan peternakan ini sebagai tempat wisata.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut