get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Ndo Lina, Single Mom yang Jualan Kerupuk Goreng Pasir Gunakan Moge di Demak

Kisah Pasutri Lulusan UI dan Unair Sukses Jadi Petani Buah

Senin, 03 Juli 2023 | 19:00 WIB
header img
Kisah Pasutri Lulusan UI dan Unair Sukses Jadi Petani Buah. (ANTARA/Akbar)

PALANGKA RAYA, iNewsMedan.id - Kisah pasangan suami istri (pasutri) lulusan Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (Unair) sukses jadi petani buah Kelurahan Pager, Kecamatan Rakumpit, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menarik untuk diulas.

Sejoli ini bernama Muhammad Fakhrully Akbar dan istri Nadia Prasasti Pratiwi. Akbar menjadi petani buah berawal dari pesan ayah mertuanya almarhum Abdul Aziz Suseno (56) untuk melanjutkan perjuangan dalam memajukan pertanian di kota setempat.

Ayah mertuanya merupakan seorang petani buah yang dikenal pekerja keras untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan warga sekitar melalui hasil pertanian.

"Sebelum meninggal, ayah mertua sempat berpesan untuk bisa melanjutkan perjuanganya sebagai petani. Saat itu saya ikut membantu istri di kebun dan banyak bergaul dengan para petani lainnya serta mengambil pelajaran dalam bertani buah," ujar Akbar didampingi istri di Palangka Raya, Sabtu (1/7/2023).

Pasangan suami istri ini juga mengajak kalangan muda Indonesia, khusus di Kota Palangka Raya jangan malu dan gengsi menekuni dunia pertanian. Sebab hanya dengan cara itu negara ini kembali berjaya dan merdeka atas hasil pertanian yang sangat menjanjikan.

Pria angkatan 2015 di Universitas Indonesia (UI) itu mengungkapkan, pada tahun 2021 mulai mengembangkan buah semangka, setelah sebelumnya menanam buah jenis jeruk pontianak.

"Selain mengembangkan buah semangka dan jeruk pontianak, produk pertanian kami yang lain yakni seperti kelengkeng, kelapa hibrida dan sebagainya. Namun secara operasional sudah bisa mengembalikan modal awal hanya dari buah semangka dan jeruk pontianak," kata pria kelahiran Tembilahan, Indragiri Hilir, Provinsi Riau tersebut.

Dia mengaku banyak tantangan yang dihadapi dalam menjalankan peran tersebut, hingga harus rela 'banting setir' dari Program Studi Jawa, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia hingga menjadi seorang petani muda yang mampu mengasilkan 'cuan' hasil dari kerja kerasnya bersama istri. Bahkan hasil usahanya kini mampu membantu menyekolahkan adik-adiknya hingga menopang perekonomian keluarga.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut