get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Labuhanbatu Selatan bersama PJU Kunjungi Kantor PPK Kecamatan Kampung Rakyat

MK Putuskan Pemilu 2024 Terbuka, Lokot Nasution: Putusan yang Sangat Tepat

Kamis, 15 Juni 2023 | 16:00 WIB
header img
Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara (Sumut), M. Lokot Nasution. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Mahkamah Konstitusi akhirnya menolak permohonan uji materi pasal dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang mengatur tentang sistem pemilihan umum (pemilu) proporsional terbuka. Dengan putusan perkara Nomor 114/PUU-XX/2022 tersebut, maka pemilu tetap memakai sistem proporsional terbuka.

Terkait keputusan itu, Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Utara (Sumut), M. Lokot Nasution mengapresiasinya. Kata dia, keputusan tersebut sangat tepat untuk sistem demokrasi di negara Indonesia.

"Putusan sangat tepat, karena sistem proporsional terbuka inilah yang paling baik saat ini untuk sistem politik demokrasi di negara kita," kata Lokot, Kamis (15/6/2023).

Menurut Lokot, dengan sistem proporsional terbuka, ada ruang konstitusi yang berjalan dan saling kontrol. Yakni, partai politik sebagai lembaga penyedia dan pencetak politisi berkualitas, masyarakat sebagai objek yang akan diurus.

"Sehingga, setiap politisi memiliki dua pertanggungjawaban, kepada partai dan kepada masyarakat," ucapnya.

Lokot mengungkapkan bahwa jika dengan tertutup, maka yang terjadi adalah pertanggungjawaban hanya kepada partai. Sehingga, hak-hak demokrasi masyarakat ada yang pincang, seperti orang berjalan dengan satu kaki. 

"Supaya sempurna jalannya sistem politik demokrasi kita, maka sistem pemilu dengan proporsional terbuka yang terbaik pada saat ini. Yakni, ada ruang check and balance yang diberikan kepada masyarakat," ungkapnya.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut