get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Sosok Kiky Saputri, Guru Honorer yang Kini Jadi Pelawak Top di Indonesia

Jayanti Mahendi Tekuni Profesi Baru sebagai MC Malam Bainai

Rabu, 14 Desember 2022 | 16:03 WIB
header img
Jayanti Mahendi kini menekuni profesi baru sebagai pembawa acara (MC) adat Minang, yakni Malam Bainai. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan tentu beragam tradisi adatnya. Pernikahan di Indonesia sudah pasti memiliki banyak tradisi, salah satunya yakni Malam Bainai, tradisi menjelang pernikahan yang dilakukan adat Minang, Sumatera Barat.

Malam Bainai merupakan tradisi adat Minang yang dilakukan sebelum tiba hari pernikahan. Dalam acara ini, terdapat beberapa prosesi-prosesi yang harus dijalani oleh mempelai wanita.

Bahkan, Anak Daro, sebutan untuk pengantin wanita, akan memakai busana adat khusus untuk prosesi Malam Bainai. Busana ini bernama Baju Tokah. Tak hanya itu, Anak Daro akan memakai suntiang, hiasan kepala khas adat Minang. Namun, suntiang yang digunakan pada prosesi ini berbeda dengan yang digunakan pada hari pernikahan.

Malam Bainai turut menjadi perhatian menarik dari seniman lukis Henna Kota Medan, Jayanti Mandasari atau dikenal sebagai Jayanti Mahendi. Kurang lebih 12 tahun menekuni profesi tersebut, kini Jayanti yang akrab disapa Jay tertarik menekuni profesi baru sebagai pembawa acara (MC) adat Minang, yakni Malam Bainai.

Jay mengakui, hal ini bukan menjadi keuntungan semata, namun profesi tersebut sudah ia lakoni ketika duduk di bangku perkuliahan. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut