get app
inews
Aa Read Next : Optimalisasi Asset Sumber Daya Manusia di Era 4.0 untuk Menyongsong Generasi Emas Indonesia

Fantastik, Gaji Arsitek di Indonesia Bisa Sampai Ratusan Juta Rupiah 

Senin, 27 Juni 2022 | 09:32 WIB
header img
Fantastik, gaji arsitek di Indonesia bisa sampai ratusan juta rupiah. (Foto: ilustrasi/Pixabay).

JAKARTA, iNews.id - Profesi arsitek menjadi salah satu yang paling diminati masyarakat. Sebab, banyak yang menilai gajinya bisa sangat besar dengan profesi lainnya. 

Namun profesi ini membutuhkan keahlian khusus, di mana seorang arsitek juga memerlukan lisensi. Seperti diketahui, arsitek adalah perencana rancangan bangunan, yang juga melakukan pengawasan terhadap konstruksi serta mendesain bangunan untuk memperindah estetikanya.

Nah, jika membahas gaji, ada beberapa faktor yang mempengarhi besarnya gaji seorang arsitek, mulai dari pendidikan, pengalaman, portofolio, perusahaan tempat dia bekerja, jenis proyek, dan lain sebagainya.

Dikutip dari Lifepal, untuk arsitek pemula atau fresh graduate, biasanya digaji sesuai standar Upah Minimum Regional (UMR) wilayahnya. Namun jika sudah memiliki pengalaman, gajinya lebih besar.  

Misal, jika memiliki pengalaman satu atau dua tahun akan digaji sekitar Rp5 juta hingga Rp7 juta sebulan. Sedangkan arsitek senior dan sudah memiliki jabatan sekelas manajer hingga direktur, kisaran gaji yang diterima sekitar Rp15 juta hingga Rp50 juta per bulan.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut