get app
inews
Aa Read Next : Dukung Coinfest 2024, Upbit Indonesia Soroti Inovasi Blockchain di Indonesia dan Asia

Dukung Target Penurunan Emisi Karbon, Pupuk Indonesia Siap Jadi Produsen Utama di Asia

Senin, 14 November 2022 | 20:00 WIB
header img
Dukung target penurunan emisi karbon, pupuk Indonesia siap jadi produsen utama di Asia. (Foto: Istimewa).

Menurutnya, emisi kabron juga akan dimanfaatkan untuk pengembangan produk Soda Ash yang bermanfaat sebagai bahan baku bagi industri kaca, keramik, dan sebagainya.

Bakir pun optimis siap menghilangkan CO2 dengan mulai mengkonversi ke dalam bentuk lain. Misalnya soda ash yang bahan bakunya itu adalah carbon dioxide, ini bisa dikonversi menjadi soda ash dan bisa mengurangi emisi CO2. Dengan pengurangan energi yang berlebihan, maka karbon yang dibuang menjadi lebih sedikit.

Diakuinya, pada jangka menengah, yaitu pada periode 2030-2040. Pada tahap ini, Pupuk Indonesia mulai mengembangkan blue ammonia.

Adapun karbon yang terbentuk dari proses produksi ammonia ini dapat diinjeksikan ke dalam tanah melalui Carbon Capture Storage (CCS).

Injeksi karbon ini akan lebih efisien jika dilakukan pada reservoir sumur minyak ataupun gas tua di Indonesia. Untik hal ini Pupuk Indonesia  sudah melakukan studi dengan sejumlah perusahaan dari Jepang. Sedangkan tahap ketiga atau jangka panjang dilakukan dengan strategi pada periode 2040-2050.

Editor : Jafar Sembiring

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut