get app
inews
Aa Read Next : Dongkrak Ekonomi dan Pariwisata, Pelindo Multi Terminal Layani Kapal Pesiar Sandar di Pelabuhan

Harga Telur Ayam Tembus Rp1.900 per Butir, KPPU Lakukan Penelusuran

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 17:14 WIB
header img
Harga Telur Ayam Tembus Rp1.900 per Butir, KPPU Lakukan Penelusuran. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Melonjaknya harga telur ayam yang tembus hingga Rp1.900 per butir, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil I melakukan pemantauan, mulai dari pedagang, distributor hingga peternak di Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut).

Berdasarkan pantauan dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga telur ayam memasuki awal Juli 2022 mengalami penurunan dari Rp26.050/kilogram menjadi Rp25.650/kilogram dan stabil sampai dengan minggu ketiga Agustus. Namun menjelang akhir bulan kembali naik ke level Rp26.100/kilogram.

Sedangkan dari hasil pantauan ke beberapa pasar di Kota Medan di antaranya pusat pasar, pasar petisah, pasar palapa, pasar sukaramai hingga pasar MMTC diperoleh informasi harga rata-rata untuk telur ukuran kecil ukuran kecil antara Rp1.550-1.700/butir, ukuran sedang Rp1.600-1.750/butir dan ukuran besar antara Rp1.700-1.900/butir.

"Terjadi kenaikan harga sejak awal Agustus. Namun tidak ada penurunan pasokan dan beberapa pedagang mengaku terjadi penurunan permintaan," kata Kepala KPPU Kantor Wilayah I-Medan, Ridho Pamungkas, Sabtu (27/8/2022).

Namun, informasi yang sedikit berbeda diperoleh KPPU dari distributor. Dari pantauannya ke PT Sumber Pangan Nusantara Indonesia, KPPU mendapati bahwa harga telur di tingkat distributor sedikit mengalami penurunan. Saat ini, harga telur ayam di distributor dari berbagai grade mengalami penurunan Rp100-120 per butir dari pekan sebelumnya. 

"Berdasarkan informasi yang diperoleh selama ini permintaan dan pasokan mereka stabil," ujarnya. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut