5 Saran dari Ekonom untuk Kemajuan Bank Sumut

Jafar
Pengamat Ekonomi Sumut dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), Gunawan Benjamin. (Foto: Istimewa)

Selain itu, ia juga menilai pengetatat pembiayaan kepada sektor usaha yang siklus bisnisnya sangat dipengaruhi oleh gejolak daya beli masyarakat juga sangat diperlukan.

"Poin ketiga, hindari perusahaan intangible aset untuk dibiayai. Tidak bisa dipungkiri, salah satu pemicu krisis perbankan saat ini dipicu oleh kebangkrutan perusahaan yang berbasiskan kripto. Sehingga perusahaan tersebut pada dasarnya bergerak dalam perdagangan barang yang semu atau tidak memiliki underlying aset yang jelas," jelasnya.

Ditengah perkembangan teknologi seperti sekarang ini, banyak perusahaan sejenis yang muncul yang tentunya dihindari, atau harus dianalisis secara mendalam kelangsungan bisnisnya di masa yang akan datang.

Saran keempat menurut Gunawan, kembangkan layanan digital dengan cara optimalkan layanan mobile banking, net corporate, e-retribusi dan tak yang paling penting juga meningkatkan keamanan layanan digital itu sendiri.

"Serta kemudahan dan keamanan transaksi non tunai lainnya yang diaplikasikan melalui Qris (Quick
Response Code Indonesian Standard) berupa alat pemindai pembayaran melalui QR Code," sarannya.

Selain itu, Gunawan juga berpendapat bahwa investasi yang lebih mengedepankan keamanan dibandingkan mengejar pendapatan tidak kalah penting perannya.

"Saran kelima untuk Bank Sumut, hindari penempatan dana investasi di instrumen keuangan beresiko (aset beresiko). Strategi investasi sebaiknya lebih mengedepankan agar dana yang diinvestasikan benar benar aman dan likuid. Melakukan kontrol yang ketat penempatan dana pada surat berharga yang diterbitkan oleh korporasi atau perusahaan," imbuh Gunawan.



Editor : Odi Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network