Polimek Sistem Pemilu Tertutup, Ketua DPD Demokrat Sumut: Seperti Memilih Kucing dalam Karung

Jafar
Polimek sistem Pemilu tertutup, ketua DPD Demokrat Sumut: seperti memilih kucing dalam karung. (Foto: Jafar/iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id - Sejumlah pihak berupaya mengubah sistem Pemilihan Umum (Pemilu) dari terbuka hingga ke tertutup. Wacana tersebut pun menjadi polemik.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumatera Utara (Sumut) Muhammad Lokot Nasution mengatakan bahwa jika negara menerapkan sistem proporsional tertutup di mana rakyat hanya diberi kesempatan untuk mencoblos partai. Partai kemudian akan menentukan siapa yang akan menduduki kursi yang diperoleh berdasarkan suara yang dikonversi menjadi kursi di parlemen. Ini ibarat memilih kucing dalam karung.

"Seperti memilih kucing dalam karung. Bisa saja sosok yang ditetapkan partai tidak sesuai harapan masyarakat. Sistem ini sangat tidak kita harapkan," kata Lokot didampingi Kepala Bakomstrada Sumut, Chairil Huda, Ketua Bappilu DPD Demokrat Sumut, Khairul Mukmin Tambunan dan beberapa pengurus lainnya, di Democratic Cafe, Jalan Sudirman, Medan, Senin (27/2/2023).

Menurut Lokot Nasution, upaya mengubah sistem proporsional terbuka ke tertutup yang diperjuangkan sejumlah pihak merupakan suatu kemunduran. Cara berpikir pihak-pihak tersebut juga sangat miris.

"Padahal, hal ini menjadi bentuk kemunduran dari sistem Pemilu terbuka yang diperjuangkan lewat darah dan air mata saat reformasi," ucapnya.

Editor : Jafar Sembiring

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network