get app
inews
Aa Read Next : Kadis Kesehatan Deliserdang: Olahraga Pondasi Kesehatan

Jangan Abai, Ini 6 Gejala Paru-paru Bermasalah yang Jarang Disadari

Rabu, 11 Mei 2022 | 22:00 WIB
header img
6 Ciri-Ciri Paru-Paru Bermasalah. (Foto: Healthline) 

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang membantu pernapasan manusia. Senada dengan itu, gejala paru-paru bermasalah juga penting diketahui sebelum menjadi penyakit. 

Sama seperti organ tubuh yang lain, paru-paru pun bisa mengalami masalah. Penyakit paru-paru, seperti asma hingga penyakit paru obstruktif kronis (COPD) mengacu pada gangguan yang mempengaruhi paru-paru secara keseluruhan. 

Mengenali sejak dini gejala paru-paru bermasalah adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan paru-paru kita, sehingga tidak terlambat untuk diobati. Nah, apa saja gejala atau pertanda kalau paru-paru kita bermasalah? Melansir laman resmi American Lung Association, Rabu (11/5/2022) berikut paparan singkat enam gejala paru-paru mengalami masalah. 

1. Batuk kronis 

Batuk sesekali itu wajar, ttapi kalau batuk secara terus menerus bahkan selama delapan minggu atau lebih? Maka ini sudah dianggap sebagai batuk kronis. Ini adalah gejala awal penting yang menandakan ada yang bermasalah pada paru-paru Anda. 

2. Sesak napas 

Jika mengalami sesak napas yang tidak kunjung hilang, misalnya pasca berolahraga, hanya sedikit beraktivitas atau bahkan tak beraktivitas sama sekali. Patut dicurigai, karena sulit untuk menarik napas dan sesak napas juga merupakan tanda peringatan dini. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut