get app
inews
Aa Read Next : Jangan Panik! Begini 4 Cara Mudah Hapus Data di Pinjol

Agar Pinjol Tidak Jadi Petaka, Berikut Tipsnya

Rabu, 20 April 2022 | 12:08 WIB
header img

JAKARTA, iNews.id-  Peneliti dan Pengajar Tetap Vokasi UI, Dr. Devie Rahmawati, mengatakan jika masa pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat besar bagi UMKM. Pemerintah sendiri melakukan berbagai upaya untuk mencegah UMKM dari gulung tikar. Salah satu cara yang digunakan oleh pemerintah adalah dengan memanfaatkan ekonomi digital.

"Dengan meningkatnya pengguna internet di Indonesia, tentu menghadirkan beberapa fitur baru di internet, salah satunya adalah pinjaman online. Fintech Lending merupakan salah satu inovasi di bidang keuangan dengan pemanfaatan teknologi yang memungkinkan pemberi pinjaman dan penerima pinjaman melakukan transaksi pinjam meminjam tanpa harus bertemu langsung. Dengan kemudahan yang diberikan sistem pinjaman online, banyak UMKM yang beralih dari pinjaman melalui bank menjadi melalui pinjaman online," terang Devie dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator, Selasa (19/4)

UMKM sendiri dilihat merupakan aktor penting dalam perekonomian Tanah Air. Menurut Dosen UNPI Cianjur, Irfan Sophan Himawan, S.E, Ak., MM., pemerintah dan swasta berpadu mendukung kemudahan bisnis UMKM, khususnya di masa Pandemi COVID-19. COVID-19 memberikan dampak yang besar bagi UMKM antara lain penurunan penjualan, pasokan bahan baku yang terbatas, meningkatnya PHK karyawan, serta sulitnya membayar pinjaman.

"Diantara beberapa dampak tersebut, salah satu masalah utama yang dihadapi UMKM adalah sulitnya mencari modal dan juga hambatan dalam akses pembiayaan dengan keterbatasan yang dimiliki. Hal ini disebabkan mayoritas UMKM mengalami penurunan omset diatas 30% selama masa pandemic COVID-19. Untuk itu, diperlukan bantuan dari banyak pihak seperti pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, untuk membantu UMKM di tengah pandemi COVID-19," sbeut Irfan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu UMKM adalah dengan memanfaatkan teknologi. Di zaman teknologi seperti saat ini semua hal terasa serba mudah, begitu pun dengan permodalan. Pada zaman dulu, masyarakat Indonesia sangat sulit mendapatkan pinjaman namun saat ini pinjaman uang sangat mudah untuk didapatkan.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut