get app
inews
Aa Read Next : Simak, Ini Etika Bebas Berpendapat di Ruang Digital

Transformasi Digital Majukan Masyarakat Pedesaan

Jum'at, 03 Maret 2023 | 08:43 WIB
header img
Ada kenaikan sebesar 2,1 juta orang memakai internet untuk melakukan aktivitas di ruang digital.(Foto Ilustrasi Kominfo)

JAKARTA, iNewsMedan.id- Perkembangan teknologi digital di Indonesia semakin cepat hingga mempengaruhi aktifitas baik di wilayah perkotaan maupun di pedesaan. Sehingga transformasi digital menjadi penting terutama di pedesaan, hal tersebut dinilai dapat membantu mewujudkan negara serta penguatan masyarakat yang pintar. 

Wakil Ketua KPI Pusat 2013-2016, Idy Muzayyad, M.Si menyatakan mengenai optimalisasi dalam pemanfaatan teknologi digital oleh masyarakat pedesaan ada beberapa faktor meliputi struktur atau kebijakan dari pemerintahan desa, infrastruktur atau sarana prasarana yang ada, serta kultur atau sikap masyarakat setempat. 

Idy menambah dengan pesatnya teknologi digital sekarang ini, masyarakat seringkali mengalami culture shock dalam menghadapi media sosial sehingga menjadikan masyarakat gagap dalam ruang publik dimana tidak bisa membedakan antara hal private atau umum di media. 

"Malas verifikasi dan asal membagikan konten atau berita yang belum jelas kebenarannya. Miskin kreasi serta lemah produksi sehingga memiliki nilai literasi yang rendah," ucapnya dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan tema Transformasi Digital di Pedesaan, Penguatan Masyarakat Desa, Kamis (2/3). 

Dalam webinar ini, Idy berpesan agar masyarakat memiliki kesadaran dalam bermedia dengan baik, yakni dengan meningkatkan literasi digital khususnya masyarakat pedesaan. 

"Sehingga, nantinya memiliki peluang-peluang yang ada untuk memaksimalkan pelayanan publik dalam pemanfaatan teknologi di desa," ujarnya. 

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut