get app
inews
Aa Read Next : JNE Medan Terima Penghargaan Perusahaan Peduli Ekonomi Syariah 

34 Pemda di Sumut dan Aceh Sabet Penghargaan BPJS Kesehatan

Kamis, 16 Mei 2024 | 17:55 WIB
header img
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumatera Utara, Basarin Yunus Tanjung saat membuka Rapat Koordinasi Penerimaan Iuran JKN yang diselenggarakan di Medan, pada Kamis (16/05). (Istimewa)

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumatera Utara, Basarin Yunus Tanjung yang hadir membuka acara menyampaikan pentingnya cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) yang menjadi keniscayaan dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, yaitu mewujudkan masyarakat Provinsi Sumatera Utara yang bermartabat dalam kehidupan karena memiliki kesehatan yang prima. 

“Provinsi Sumatera Utara masih berada di angka 90,03 persen, sementara target 2024 adalah 98 persen penduduk terdaftar pada Program JKN. Masih terdapat selisih belum terdaftar Program JKN di Sumatera Utara sebanyak 1,5 juta penduduk. Untuk itu kami mendorong pemerintah kabupaten/kota agar menyusun APBD Perubahan dengan menganggarkan kebutuhan iuran JKN bagi penduduk di wilayahnya yang belum terdaftar menjadi peserta JKN,” terang Basarin. 

Lebih lanjut, Basarin menyampaikan bahwa cakupan kesehatan semesta menjamin seluruh masyarakat agar mempunyai kemudahan akses untuk memperoleh kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan efektif maka dibutuhkan komitmen dari seluruh stakeholder, salah satunya dalam hal kepatuhan pembayaran iuran JKN. 

“Kami tekankan ke pemerintah daerah yang masih mempunyai kewajiban iuran kepada BPJS Kesehatan agar dapat diselesaikan. Hal ini demi keberlangsungan Program JKN dan demi kepentingan masyarakat khususnya di Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh,” tegas Basarin.

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut