get app
inews
Aa Read Next : Apa Arti Mimpi Dikasih Uang? Berikut Ulasanya

Daftar 10 Mata Uang Termahal di Dunia Tahun 2023, Nomor 1 Dinar Kuwait

Senin, 11 September 2023 | 12:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Pinterest)

5. Poundsterling, Inggris (GBP)

Poundsterling (£) atau GBP adalahmata uang resmi Britania Raya yang menempati urutan ke-5 sebagai mata uang termahal di dunia dan telah menjadi bagian integral dari ekonomi dan sejarah negara ini.

Poundsterling juga termasuk mata uang resmi Jersey, Guernsey, Pulau Man, Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan, Wilayah Antartika Inggris, dan Tristan da Cunha. Mata uang ini merupakan mata uang tertua yang masih ada.

London, Ibu Kota Inggris menjadi rumah bagi berbagai institusi keuangan, pasar saham, bank-bank internasional, dan bisnis keuangan global lainnya. Keberadaan pusat keuangan ini berkontribusi pada kepentingan poundsterling sebagai mata uang transaksi dan investasi.

Selain itu, pound Inggris merupakan mata uang keempat yang paling banyak diperdagangkan di pasar valuta asing setelah dolar AS (USD), euro (EUR), dan yen Jepang (JPY).

Pasangan mata uang USD/GBP juga dikenal dengan sebutan "kabel" dan merupakan salah satu pasangan mata uang yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Untuk saat ini, satu GBP sama dengan 1.26 dolar AS.

6. Pound Gibraltar: GIP

Mata uang resmi Gibraltar adalah pound Gibraltar (GIP) yang menjadi mata uang termahal di dunia keenam dan mempunyai fakta bahwa Pound Gibraltar (GIP) memiliki nilai yang sama dengan poundsterling Inggris (GBP) sehingga membuatnya dapat diterima di Gibraltar bersama dengan GBP.

Mata uang ini merupakan suatu bentuk keterkaitan ekonomi antara Gibraltar dan Inggris. Pemerintah Gibraltar adalah bank sentral yang mengendalikan GIP dan bertugas mencetak koin serta uang kertas.

Gibraltar memiliki perekonomian yang beragam, seperti pariwisata dan e-gaming menjadi pilar utamanya. Pariwisata Gibraltar umumnya didorong oleh objek wisata seperti Batu Gibraltar yang ikonik, situs-situs bersejarah, dan pemandangan indah di sepanjang pantainya.

Sementara itu, industri e-gaming (perjudian daring) juga telah berkembang pesat di Gibraltar.  Saat ini, satu Gibraltar Pound GIP bernilai 1.26 dolar AS.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut