get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Bakal Mulai Vaksinasi Booster Kedua, 4 Juta Nakes Diprioritaskan

Vaksin Booster Akan Disuntikkan 6 Bulan Sekali? Ini Penjelasannya!

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:15 WIB
header img
Ilustrasi Vaksin. (Foto: Reuters)

iNews.id - Vaksinasi Booster telah dimulai pada Rabu 12 Janurai 2022. Vaksin booster akan diberikan kepada seluruh kalangan masyarakat yang berusia di atas 18 tahun, dengan catatan sudah melewati masa vaksinasi dosis pertama dan kedua. 

Vaksinasi booster diberikan dalam upaya memperkuat antibodi setelah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua atau lengkap.

Namun, belum lama ini beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa vaksinasi booster Covid-19 akan diberikan kepada masyarakat setiap 6 bulan sekali. Pemberian booster setiap 6 bulan sekali itu disebut karena antibodi yang menurun setelah sekian bulan suntikan. Lantas apakah informasi ini fakta atau hanyalah hoax semata?

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Kamis (20/1/2022), memastikan bahwa informasi yang beredar di media sosial tersebut salah atau hanyalah hoax semata.

Epidemiolog sekaligus Juru Bicara Satgas Covid-19 Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (UNS), dr. Tonang Dwi Ardyanto mengatakan antibodi yang menurun bukan satu-satunya indikator pemberian booster. Beberapa penelitian memang menyebut bahwa antibodi di dalam tubuh yang dihasilkan vaksin COVID-19, menurun setelah 6 bulan menerima dosis kedua.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut