get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Briptu Julhamadi Munthe Jadi Guru Bahasa Arab, Wujudkan Santri Berakhlaqul Karimah

Kisah Inspiratif IRT Beternak Burung Anggungan, Omzet Rp7 Juta per Bulan

Rabu, 26 Juli 2023 | 09:00 WIB
header img
Kisah Inspiratif IRT Beternak Burung Anggungan, Omzet Rp7 Juta per Bulan. (Foto: Joe Hartoyo)

KEBUMEN, iNewsMedan.id - Kisah inspiratif seorang ibu rumah tangga (IRT) bernama Yanti yang sukses beternak burung anggungan ini menarik untuk diketahui. Ia berasal dari Desa Banyumudal, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. 

Dia menceritakan kisahnya beternak burung hingga sukses, berawal mengurusi peliharaan suaminya berjumlah 10 ekor. Seiring perjalanan waktu, kata dia muncul ketertarikan memelihara burung tersebut.

Dari ketertarikan ini, dia kemudian berpikir untuk mengembangbiakkan burung tersebut. Upayanya ini kemudian berhasil hingga memiliki 153 ekor. Bahkan, lanjut dia omzet per bulan mencapai Rp7.000.000.

"Awal mulanya suami memelihara burung itu 10 ekor, saya yang megurusi sendiri. Lama-lama saya suka, terus saya punya ide kenapa tidak diternakkan," ujar Yanti di rumahnya, Selasa (25/7/2023).

Burung anggungan yang dikembangkan terdiri dari berbagai jenis, yakni perkutut bangkok, crossing, putih lurik, silver, cemani, majapahit serta udan mas. Sedangkan untuk jenis burung derkuku, yaitu kelantan, warna serta multi kuk.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut