get app
inews
Aa Read Next : Perawat Ketus Layani Pasien "Sakit" saat Berobat Viral: Nggak Ada Dokter, Siapa yang Bayar?

Meutya Hafid Dorong Gerakan Sensor Mandiri untuk Masyarakat dalam Menonton Konten Online 

Kamis, 20 Juli 2023 | 13:02 WIB
header img
Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, dalam kegiatan Kolaborasi dam Sosialisasi Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri yang diselenggarakan di Medan, Kamis (20/7). Hadir dalam acara itu antara lain Ketua LSF Rommy Fibri Hardiyanto dan jajaran (iNewsMedan)

MEDAN, iNewsMedan.id- Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah penonton konten online terbesar di dunia, yaitu sekitar 3,5 juta waktu juta jam yang dialokasikan dalam sebulan dalam menonton konten over-the-top (OTT) internet. 

Oleh karena itu, Komisi I DPR RI mendorong masyarakat Indonesia untuk melakukan sensor mandiri dalam menonton konten online. 

Harapan ini disampaikan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, dalam kegiatan Kolaborasi dam Sosialisasi Gerakan Nasional Budaya Sensor Mandiri yang diselenggarakan di Medan, Kamis (20/7). Hadir dalam acara itu antara lain Ketua LSF Rommy Fibri Hardiyanto, Ketua Komisi I LSF Nasrullah, Sekretaris komisi 1 LSF Hafidhah dan Sekretaris Komisi III LSF Mukayat Al Amin.

"Gerakan sensor mandiri ini dibutuhkan untuk memahami konten yang ditonton dan memilih tontonan sesuai dengan klasifikasi usia. Hal ini penting untuk menjaga budaya dan nilai-nilai yang ada di Indonesia dari pengaruh negatif, termasuk propaganda dan senjata non-militer yang bisa diimplementasikan melalui konten di internet," ungkap politisi Partai Golkar itu.

Meski demikian lanjut wanita yang merupakan anggota DPR RI Dapil Sumut 1 ini, pemerintah ingin masyarakat menikmati film. Salah satu cara untuk menikmati film ini menjadi sebuah hiburan yakni dengan melakukan sensor mandiri. 

"Jadi jangan karena kita takut, jadi kita menghindari film, nah caranya adalah bagaimana supaya tetap nonton film, tapi kita juga tenang tidak melihat ini sebagai senjata non militer adalah dengan melakukan sensor mandiri. 

"Jadi betul- betul masyarakatnya harus memilih yang ini baik atau tidak. Orang tuanya harus memilah, kakak terhadap adik, harus memilah. Kalau memang kita tahu ada tayangan yang tidak bagus, kita juga memberikan informasi, jadi itu sebetulnya sensor mandiri itu seperti itu,"imbuh mantan jurnalis itu. 

Editor : Ismail

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut