get app
inews
Aa Read Next : PTPN IV PalmCo Gandeng BRIN Riset Biogas Kombinasi Limbah Tandan Kosong dan Cair Sawit Perdana

Pakar Geologi: Aktivitas Pertambangan Tidak Dapat Memicu  Terjadinya Gempa 

Rabu, 12 Juli 2023 | 11:08 WIB
header img
Sidang  lanjutan gugatan terhadap Izin Lingkungan yang diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk PT Dairi Prima Mineral (DPM) di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta pada Rabu, 5 Juli 2023. (Ist)

JAKARTA, iNewsMedan.id-  Pakar Geologi dan Geoteknik BRIN Prof. Danny  Hilman Natawidjaya menerangkan bahwa Indonesia secara geografis terletak pada jalur patahan aktif yang membentang dari Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, hingga Papua. 

Meski demikian, pada dasarnya tidak ada larangan untuk membangun konstruksi di manapun, dengan syarat konstruksi tersebut dibangun sesuai standar kualitas bangunan dan ketentuan yang ditetapkan pemerintah, untuk memastikan kekuatan struktur bangunan mampu mengantisipasi potensi gempa.

Hal ini disampaikan Prof. Danny Hilman pada saat memberikan pendapat ahlinya pada sidang  lanjutan gugatan terhadap Izin Lingkungan yang diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk PT Dairi Prima Mineral (DPM) di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta pada Rabu, 5 Juli 2023. 

Prof. Danny Hilman, peneliti ahli utama di Badan Riset dan Inovasi Nasional, saat ini juga menjabat sebagai Ketua Kelompok Kerja Geologi di Pusat Studi Gempa Nasional (PUSGeN) di bawah Kementerian PUPR untuk melakukan pembaruan Peta Seismic Hazard di Indonesia, menegaskan  tidak ada larangan jika membangun konstruksi di atas patahan. 

"Hanya saja, kekuatan bangunan harus dijamin baik dari konstruksi dan desain yang mampu menahan potensi gempa," ucapnya. 

Editor : Ismail

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut