get app
inews
Aa Read Next : Keindahan Tukad Unda di Bali, Sungai yang Memiliki Air Berlapis-lapis

Mengenal Keunikan Desa Orahili Fau di Nias Selatan, Pernah Jadi Benteng Terakhir Melawan Belanda

Selasa, 13 Juni 2023 | 17:00 WIB
header img
Mengenal Keunikan Desa Orahili Fau di Nias Selatan, Pernah Jadi Benteng Terakhir Melawan Belanda. (Foto: YouTube)

NIAS SELATAN, iNewsMedan.id - Keunikan Desa Orahili Fau di Nias Selatan menarik untuk dijelajahi. Desa ini menawarkan destinasi wisata yang kaya dengan sejarah masa lalu dan keindahan baharinya.

Desa Orahili Fau merupakan kampung unik yang ada di Nias Selatan. Kampung ini merupakan salah satu desa adat tertua yang ada di Nias Selatan.

Salah satu yang terkenal dari desa ini adalah jumlah tangga yang sangat banyak di jalan desanya. Hal ini mungkin bukan yang baru bagi warga setempat. Diketahui Desa Orahili Fau dalam bahasa setempat memiliki arti ‘bukit bertangga’.

Penasaran ingin tahu seperti apa keunikan dari Desa Orahili Fau di Nias Selatan ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (12/6/2023). 

Kampung Unik di Nias Selatan 

Desa Orahili Fau terletak di Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan. Desa ini berada di wilayah pesisir pantai selatan Pulau Nias. Berada di desa ini, Anda dapat menikmati keindahan alam yang menarik, seperti pantai pasir putih yang landai dan air laut yang jernih. Selain itu, desa ini juga memiliki potensi wisata bahari yang dapat dikembangkan, seperti snorkeling dan diving karena terdapat terumbu karang yang indah dengan banyaknya biota laut yang ada.

Masyarakat Desa Orahili Fau mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani. Meskipun begitu, desa ini telah memiliki beberapa pengusaha kecil yang memproduksi kerajinan tangan dari hasil laut, seperti garam ikan dan kerang. Keunikan lain dari Desa Orahili Fau adalah wisatawan yang singgah dapat menjumpai tangga mulai dari gerbang desa hingga menuju gerbang Desa Bawamataluo. Pemandangan di sepanjang jalannya juga indah. Selain keunikan tersebut, permukiman penduduk di desa ini juga masih mempertahankan rumah dalam bentuk tradisional. Di sini juga ada peninggalan megalitikum dan satu batu lompat. 

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut