get app
inews
Aa Read Next : Kisah Inspiratif Briptu Julhamadi Munthe Jadi Guru Bahasa Arab, Wujudkan Santri Berakhlaqul Karimah

Kisah Inspiratif Penjual Tempe Bisa Berangkat Haji karena Rutin Menabung

Kamis, 01 Juni 2023 | 09:00 WIB
header img
Kisah Inspiratif Penjual Tempe Bisa Berangkat Haji karena Rutin Menabung. (Foto: Istimewa)

BOYOLALI, iNewsMedan.id - Penjual tempe asal Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Untung Suratno akhirnya berangkat haji setelah menunggu 11 tahun.

"Saya seorang penjual tempe yang bungkusnya masih pakai daun. Menunggu 11 tahun (untuk bisa berangkat haji),” kata Untung Suratno di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa (23/5) malam.

“Saya menabung tiap hari dari menjual tempe, kalau ada lebih ya ditambahkan ke tabungan," katanya.

Untung menjelaskan memang niat menabung agar bisa berangkat haji bersama istri. Impiannya itu sempat terhalang pandemi Covid-19, sedangkan istrinya lolos untuk berangkat haji tahun 2020 lalu.

"Untuk haji dengan istri saya. Istri sudah berangkat lebih dulu karena saya terbentur corona sehingga menunggu tiga tahun," ujarnya.

Mendengar cerita Untung, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan pujian. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Untung itu adalah sedikit contoh bagaimana kebulatan tekad para calon jemaah haji menunaikan rukun Islam kelima itu.

Selain Untung, banyak kisah jemaah haji yang menabung untuk bisa berangkat haji. Rata-rata ada yang menabung sebulan Rp500.000 sampai Rp1 juta. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut