get app
inews
Aa Read Next : Besok, Ganjar Pranowo Kampanye Akbar di Lapangan Astaka Deli Serdang

8 Perbandingan Ganjar, Prabowo dan Anies sebagai Capres, Kornas: Gubernur Jateng 'Orang Biasa'

Jum'at, 28 April 2023 | 18:50 WIB
header img
Perbandingan Ganjar, Prabowo dan Anies Baswedan menurut Kornas. Foto: kolase iNews.id

JAKARTA, iNewsMedan.id - Jelang Pilpres 2024 nanti, sudah ada 3 nama yang mendeklarasikan sebagai Capres. Mereka adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Sejak berakhirnya orde baru yang serba tertutup, Indonesia diketahui memasuki era reformasi yang sangat terbuka.

Semua sistem pemilihan kini terbuka, dan memberi kesempatan kepada semua orang untuk maju sebagai presiden.

Sutrisno Pangaribuan. Foto: Dok

Sutrisno Pangaribuan selaku Presidium Kongres Rakyat Nasional (Kornas) mengungkapkan 8 perbandingan antara Ganjar, Prabowo dan Anies yang maju sebagai Capres.

Berikut perbandingan antara Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sebagai Capres 2024

1. Ganjar Pranowo berasal dari keluarga 'orang biasa", sederhana, tidak berasal dari kaum ningrat dan darah biru. Ayahnya polisi dengan pangkat rendah, ibunya membuka kedai kelontong dan penjual bensin eceran.

Berbeda dengan Prabowo Subianto, Kakeknya Raden Mas Margono Djojohadikoesoemo, adalah pendiri Bank Negara Indonesia (BNI). Ayahnya Soemitro Djojohadikoesoemo adalah begawan ekonomi Indonesia dan pernah menjabat menteri di masa orde lama dan orde baru.

Sedangkan Anies Baswedan, kakeknya adalah pahlawan nasional, Abdurrahman Baswedan ( AR Baswedan ), pernah menjadi Wakil Menteri Muda Penerangan RI,  anggota BP-KNIP. Ayahnya, Rasyid Baswedan merupakan akademisi yang pernah menjabat wakil rektor UII Yogyakarta.

2. Ganjar Pranowo tidak memiliki dukungan dari konglomerat yang memiliki gurita bisnis di Indonesia. Ganjar Pranowo hanya mengandalkan dukungan dan partisipasi rakyat.

Sementara itu, Prabowo Subianto, memiliki sejumlah bisnis dan ditopang oleh pengusaha besar adiknya, Hashim Djojohadikusumo.

Sedangkan Anies Baswedan didukung penuh oleh pengusaha sekaligus politisi, Jusuf Kalla dan Surya Paloh, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut