Logo Network
Network

Usbat Ganjar Sumut Gelar Pelatihan Mengkafani Jenazah untuk Masyarakat Tapanuli Tengah

Jafar
.
Minggu, 19 Maret 2023 | 22:34 WIB
Usbat Ganjar Sumut Gelar Pelatihan Mengkafani Jenazah untuk Masyarakat Tapanuli Tengah
Usbat Ganjar Sumut Gelar Pelatihan Mengkafani Jenazah untuk Masyarakat Tapanuli Tengah. (Foto: Istimewa)

TAPANULI TENGAH, iNewsMedan.id - Sukarelawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumut menggelar pelatihan mengkafani jenazah untuk masyarakat di Kampung Sebelah, Kelurahan Hutabalang, Kecamatan Badiri, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Minggu (19/3/2023). 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi jemaah majelis taklim dalam melaksanakan fardu kifayah mengkafani jenazah sesuai syariat agama. 

Dengan demikian, apabila ada warga yang meninggal di desa tersebut, masyarakat sudah paham tata cara mengkafaninya. 

"Harapan kami dengan kegiatan hari ini adalah semoga kiranya apa-apa yang kami sampaikan bisa diserap oleh masyarakat yang ada di sini. Kemudian pula kepada kami juga ini merupakan bagian dari ibadah kami," ujar Ahmad Dairobi mewakili Koordinator Wilayah Usbat Ganjar Sumut.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka upaya rutin menebarkan manfaat bagi masyarakat, khususnya dalam hal berbagi ilmu keagamaan. 

Selain itu, Usbat Ganjar juga memberikan bantuan berupa seperangkat alat pengeras suara (sound system) dan tikar kepada Majelis Taklim Al-Ikhsan. 

Diharapkan nantinya peralatan itu bisa bermanfaat dalam menunjang segala aktivitas majelis, maupun bagi masyarakat sekitar. 

"Tentunya kami dari Usbat Sumut kami juga berharap akan terus mensosialisasikan namanya hal-hal yang terkait keagamaan, tentunya ada kaitannya dengan memperkenalkan Pak Ganjar," jelas Daerobi. 

Pada kesempatan itu, Ketua Majelis Taklim Al-Ikhsan, Susi Susanti mengapresiasi pelatihan yang digelar Usbat Ganjar. 

"Sangat bermanfaat karena sudah lama di kampung ini khususnya di Kampung Sebelah tidak pernah ada yang namanya pelatihan," tutur Susi.

Dia mengatakan majelis taklim dan masyarakat sekitar merasa bersyukur sudah diberikan bantuan apa yang menjadi kebutuhan mereka selama ini. 

Pasalnya, majelis taklim belum memiliki alat pengeras suara dan tikar untuk mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan yang kerap mereka lakukan. 

"Ada bantuan ini kami sangat berterima kasih karena sangat-sangat membantu dan kami ke depannya tidak akan menyewa sound system lagi. Kami akhirnya punya sendiri atas bantuan Usbat Ganjar," kata Susi. 

Pihaknya berharap Indonesia nantinya bisa dipimpin oleh sosok pemimpin yang dermawan dan mengayomi seperti Ganjar Pranowo

Susi menilai, Ganjar merupakan sosok yang paling tepat untuk memimpin Indonesia 2024 menuju arah yang lebih baik lagi. 

"Bagi saya sosok Pak Ganjar orangnya sangat dermawan, dan jiwa sosialnya tinggi, dan dia sangat mengayomi rakyatnya. Untuk pemimpin ke depannya saya harap Pak Ganjar Pranowo menjadi pemimpin di masa depan dan membuat Indonesia ini menjadi lebih maju dan lebih baik lagi," lanjut Susi.

Acara ini diakhiri dengan doa bersama untuk kemashlahatan negeri.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News

Bagikan Artikel Ini