get app
inews
Aa Read Next : Ijeck Prediksi Indonesia Menang Lawan Uzbekistan dengan Skor 3-2

Negara-negara yang Menjadi Pusat Gempa Bumi di Dunia

Selasa, 14 Februari 2023 | 13:01 WIB
header img
Negara-negara yang menjadi pusat gempa bumi di dunia. (Foto: Ilustrasi/Daily Mail)

3. China 

China memang bukan bagian dari wilayah Ring of Fire, tetapi berada di daerah pertemuan tiga lempeng bumi, yaitu lempeng Pasifik, India, dan Filipina. Tingginya jumlah bangunan berkualitas rendah dan populasi yang padat membuat gempa bumi di China mengakibatkan tingginya jumlah korban jiwa. 

China telah menjadi lokasi beberapa gempa bumi paling mematikan dalam sejarah, dan dua gempa paling mematikan di abad ke-20 mempengaruhi negara tersebut. Gempa bumi Tangshan tahun 1976 mengakibatkan sedikitnya 300.000 kematian, sementara di Haiyuan pada tahun 1920 menyebabkan 273.400 jiwa meninggal. 

Gempa paling mematikan sepanjang masa dikatakan terjadi di Shaanxi pada tahun 1556, yang secara langsung dan tidak langsung menyebabkan kerugian total 830.000 orang. 

4. Selandia Baru 


Gempa Christchurch, Selandia Baru. (Foto: Daily Mail)

Selandia Baru berada di perbatasan antara dua lempeng tektonik, Lempeng Australia dan Lempeng Pasifik. Salah satu bencana terburuk di Selandia Baru adalah gempa Christchurch berkekuatan 6,3 pada Februari 2011, yang menewaskan 185 orang dan merusak bangunan serta infrastruktur kota.

Peristiwa ini sebenarnya merupakan gempa susulan dari gempa lain pada September sebelumnya, yang menyebabkan dua orang meninggal dunia. Gempa bumi terbesar yang pernah terjadi di Selandia Baru berkekuatan 8,2 magnitudo di Wairarapa, 1855. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut