get app
inews
Aa Read Next : Ijeck Prediksi Indonesia Menang Lawan Uzbekistan dengan Skor 3-2

Negara-negara yang Menjadi Pusat Gempa Bumi di Dunia

Selasa, 14 Februari 2023 | 13:01 WIB
header img
Negara-negara yang menjadi pusat gempa bumi di dunia. (Foto: Ilustrasi/Daily Mail)

Indonesia, negara yang terkena dampak paling parah, mencatat 167.540 orang meninggal atau hilang, meskipun jumlah kematian keseluruhan diperkirakan sekitar 230.000 jiwa. Terbaru, gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo menguncang Cianjur, Jawa Barat, pada 21 November 2022, menyebabkan 300 lebih korban jiwa.

2. Jepang 

Selain Indonesia, Jepang merupakan salah satu negara yang mungkin paling terkenal dalam soal terkena dampak gempa bumi. Jepang posisinya juga termasuk dalam Ring of Fire, dan pulau utamanya Honshu terletak di persimpangan antara tiga lempeng tektonik, yaitu lempeng Eurasia, Filipina, dan Amerika Utara. 

Salah satu gempa bumi dahsyat terjadi pada Maret 2011. Gempa bumi berkekuatan 9,0 di lepas pantai timur laut Jepang memicu tsunami, menewaskan lebih dari 18.400 orang.

Tsunami juga menghantam pembangkit nuklir Fukushima Daiichi, menghancurkan tenaga dan sistem pendinginnya serta memicu kehancuran di tiga reaktor. Tapi Jepang juga dikenal sebagai salah satu negara yang paling siap mengantisipasi gempa bumi.

Misalnya, mendirikan bangunan diperkuat dengan dinding beton dan sambungan khusus yang mengurangi tekanan saat tanah berguncang. Di Jepang, partisipasi dalam latihan bencana alam dimulai di taman kanak-kanak dan semua ponsel Jepang dilengkapi dengan sistem peringatan gempa. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut