get app
inews
Aa Read Next : Federasi Sepak Bola Vietnam Pecat Philippe Troussier usai Dipermalukan Indonesia

Negara-negara yang Menjadi Pusat Gempa Bumi di Dunia

Selasa, 14 Februari 2023 | 13:01 WIB
header img
Negara-negara yang menjadi pusat gempa bumi di dunia. (Foto: Ilustrasi/Daily Mail)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Gempa bumi bisa terjadi kapan saja. Apalagi wilayah yang berbatasan langsung dengan lempeng bumi dan masuk daerah Ring of Fire atau cincin api Pasifik

Meskipun diketahui bahwa sebagian besar gempa bumi di dunia terkonsentrasi pada batas lempeng bumi, namun belum ada metode yang dapat diandalkan untuk memprediksi waktu, lokasi dan besarnya secara akurat. Begitu juga di wilayah Ring of Fire, di mana 90 persen gempa mematikan kerap terjadi.

Beberapa wilayah atau negara yang berada di zona berbahaya ini harus waspada dan mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi gempa bumi. Berikut 7 dari 9 negara yang berada di pusat gempa bumi dunia dirangkum dari laman Daily Mail, Senin (13/2/2023). 

1. Indonesia 


Gempa bumi Cianjur, Jawa Barat. (Foto: Dok/SINDOnews)

Indonesia termasuk wilayah yang rentan diguncang gempa bumi karena berada di dalam Ring of Fire. Indonesia juga terletak antara tiga pertemuan lempeng besar, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik.

Salah satu peristiwa paling mematikan di era modern terjadi pada Desember 2004, ketika gempa berkekuatan 9,1 skala Richter melanda lepas pantai barat Indonesia. Gempa bumi memicu gelombang raksasa atau tsunami hingga 100 kaki (30 meter) menghantam pantai Indonesia, Sri Lanka, India dan Thailand. 

Editor : Jafar Sembiring

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut