get app
inews
Aa Read Next : Siomay Jadi Makanan Terbaik di Asia Tenggara Versi Taste Atlas

7 Makanan yang Dapat Membantu Membersihkan Paru-paru, Nomor 4 Bawang Putih

Minggu, 18 Desember 2022 | 09:00 WIB
header img
Ilustrasi paru-paru. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Kebiasaan merokok dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Di mana, gas beracun masuk ke paru-paru, aliran darah, hingga menyebar ke setiap organ dalam tubuh.

Rokok dibuat menggunakan daun tembakau yang mengandung nikotin dan berbagai senyawa lainnya. Saat tembakau dan senyawanya terbakar, mereka melepaskan ribuan bahan kimia berbahaya, termasuk lebih dari 40 yang diketahui menyebabkan kanker.

Untungnya, ada beberapa makanan yang dapat membantu membersihkan paru-paru. Nah, makanan ini sangat cocok bagi mantan perokok untuk membersihkan paru-parunya seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menghilangkan racun dari saluran pernapasan. Jahe mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk kalium, magnesium, beta-karoten dan seng, dan sebagai bonus tambahan, membantu meningkatkan hidangan hambar! Ekstrak jahe tertentu juga diketahui dapat membunuh sel kanker paru-paru. Anda bisa menambahkan jahe ke banyak hidangan atau mengkonsumsinya dalam bentuk susu jahe

2. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai 'Golden Spice', kunyit juga membantu membersihkan paru-paru kita, berkat sifat anti-inflamasinya. Biasanya kunyit dihidangkan dengan cara dicampur ke berbagai makanan. Selain dimanfaatkan sebagai rempah, kunyit putih kerap digunakan juga di industri tekstil, pewarna makanan dan obat-obatan herbal.

3. Apel

"Makan apel setiap hari membuat dokter menjauh" pepatah mengatakan. Apel mengandung berbagai macam flavonoid, vitamin dan antioksidan, terutama vitamin C yang membantu kita dalam memerangi penyakit paru-paru secara efektif.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut