get app
inews
Aa Read Next : Nikahi Anisha Rosnah, Pangeran Abdul Mateen Ternyata Hanya Beri Mahar Segini

Apa Saja Pernikahan Adat Termahal di Indonesia? Ini Daftarnya

Minggu, 13 November 2022 | 14:00 WIB
header img
Nikita Willy dan Indra Priawan melangsungkan akad nikah dengan mengenakan busana adat Minang. (Foto : Instagram/@thebridestory)

5. Pernikahan Adat Sasak 

Pernikahan adat suku Lombok, Sasak juga tergolong mahal. Dalam suku ini, calon pengantin laki-laki akan menculik calon pengantin perempuan dan membawanya ke rumah keluarga sebelum dilakukan pernikahan. Tradisi ini disebut dengan Memari.

Keluarga laki-laki akan datang ke keluarga perempuan untuk memberitahukan bahwa anak perempuannya ada di rumah mereka. Setalah itu kedua keluarga melakukan proses tawar menawar mahan dan biaya pernikahan.  

Besarnya mahar pada pernikahan adat Suku Sasak ini juga tergantung tingginya pendidikan perempuan. Semakin tinggi tingkat pendidikan perempuan, maka semakin tinggi pula mahar yang harus dibayarkan. Di samping itu, juga disesuaikan dengan jarak dari rumah keluarga perempuan ke keluarga laki-laki. 

6. Pernikahan Adat Minangkabau 

Pernikahan dalam budaya masyarakat Padang, Sumatera Barat punya serangkaian upacara yang kompleks, salah satunya Manjapuik Marapulai, yaitu parade atau arak-arakan penjemputan pengantin laki-laki ke tempat pernikahannya. Besaran biaya yang harus disiapkan tentu tidak sedikit, apalagi jika jarak antara rumah calon mempelai pria dan perempuan jauh. 

Itu belum menghitung uang mahar, katering, dekorasi dan sebagainya. Jika ditotal satu pernikahan adat Minangkabau sangat mungkin untuk menghabiskan ratusan juta rupiah. Itulah mengapa pernikahan adat Minangkabau juga menjadi salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia.  

7. Pernikahan Adat Bali 

Orang Bali juga cenderung menikah dengan tradisi mereka, yang juga membutuhkan biaya tidak sedikit karena adanya perarakan. Namun pararakan ini bisa tidak dilakukan. Jika dilakukan maka biayanya bisa mencapair ratusan juta rupiah.  

Selain itu, prosesi pernikahan adat Bali membutuhkan banyak hal, misalnya pakaian khusus beserta segala aksesorinya hingga sesajen yang harus disiapkan dalam jumlah cukup banyak. Prosesi adat pernikahan Bali juga mewah dan meriah.  

Itulah 7 pernikahan adat termahal di Indonesia. Semoga memberi informasi untuk Anda.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 7 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia, Ada yang Capai Miliaran Rupiah

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut