get app
inews
Aa Read Next : Nikahi Anisha Rosnah, Pangeran Abdul Mateen Ternyata Hanya Beri Mahar Segini

Apa Saja Pernikahan Adat Termahal di Indonesia? Ini Daftarnya

Minggu, 13 November 2022 | 14:00 WIB
header img
Nikita Willy dan Indra Priawan melangsungkan akad nikah dengan mengenakan busana adat Minang. (Foto : Instagram/@thebridestory)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Deretan pernikahan dengan adat termahal di Indonesia ini diketahui mengeluarkan biaya dari ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah.

Mahalnya penyelenggaraan pernikahan adat karena karena nilai mahar yang besar. Selain itu, proses adat yang panjang dan meriah serta penyelenggaraannya yang relatif dilakukan selama beberapa hari. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 7 pernikahan adat termahal di Indonesia: 

1. Pernikahan Adat Nias 

Pernikahan adat termahal di Indonesia yang pertama adalah Nias di Sumatera Utara. Mahar adat Nias ditentukan oleh status sosial dan ekonomi seseorang.  

Dalam prosesi lamaran, seorang calon mempelai laki-laki harus mempersiapkan minimal 25 ekor babi, di mana harga satu ekornya sekitar Rp2 juta hingga Rp4 juta per ekor. 

Jika syarat wajib ini tidak terpenuhi, maka menantu laki-laki harus mengabdi kepada mertuanya sampai besaran mahar tersebut terpenuhi.

2. Pernikahan Adat Bugis 

Pernikahan adat Bugis di Sulawesi Selatan diperkirakan menelan biaya hingga miliaran rupiah. Pengeluaran terbesar adalah untuk uang mahar atau uang panaik. Itu karena dalam adat Bugis, uang panaik dianggap sebagai tanda keseriusan calon pengantin laki-laki untuk mendapatkan calon istrinya. 

Mahar ditentukan oleh beberapa faktor, di antaranya garis keturunan calon istri, pendidikan, pekerjaan, dan tidak jarang kecantikan perempuan juga menjadi faktor yang mempengaruhi.

3. Pernikahan Adat Batak 

Suku Batak di Sumatera Utara terkenal sangat menjunjung tinggi adat dan budayanya. Pernikahan ada termahal di Indonesia lainnya adalah pernikahan adat Batak karena ada prosesi adat dari perkenalan hingga pelaminan yang melibatkan keluarga besar.

Selain itu, ada uang mahar khusus yang disebut sinamot. Besaran uang mahar tergantung dengan tingkat pendidikan dan pekerjaan mempelai perempuan. Semakin tinggi pendidikan dan pekerjaannya maka mahar yang diberikan bisa semakin besar. 

Di sisi lain, kain ulos yang dipakai dalam pernikahan pun tergolong mahal harganya sebagai penanda status sosial. Biasanya ulos yang diberikan untuk keluarga kedua mempelai adalah ulos yang terbaik, di mana harganya bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. 

4. Pernikahan Adat Banjar 

Pernikahan adat Banjar juga terkenal sebagai salah satu pernikahan ada termahal di Indonesia. Dalam prosesi pernikahan melibatkan banyak pihak seperti keluarga dan orang sekitar tempat tinggal serta para tokoh adat. 

Pernikahan adat Banjar juga terkenal dengan durasi waktu penyelenggaraan yang panjang dan harus menyiapkan biaya besar. Biaya tersebut harus diberikan di awal sebelum pernikahan. Hal itu disebut Maatar Jujuran dalam Bahasa Banjar. Uang ini nantinya digunakan untuk keperluan pesta pernikahan serta perlengkapan rumah tangga bagi kedua mempelai.

5. Pernikahan Adat Sasak 

Pernikahan adat suku Lombok, Sasak juga tergolong mahal. Dalam suku ini, calon pengantin laki-laki akan menculik calon pengantin perempuan dan membawanya ke rumah keluarga sebelum dilakukan pernikahan. Tradisi ini disebut dengan Memari.

Keluarga laki-laki akan datang ke keluarga perempuan untuk memberitahukan bahwa anak perempuannya ada di rumah mereka. Setalah itu kedua keluarga melakukan proses tawar menawar mahan dan biaya pernikahan.  

Besarnya mahar pada pernikahan adat Suku Sasak ini juga tergantung tingginya pendidikan perempuan. Semakin tinggi tingkat pendidikan perempuan, maka semakin tinggi pula mahar yang harus dibayarkan. Di samping itu, juga disesuaikan dengan jarak dari rumah keluarga perempuan ke keluarga laki-laki. 

6. Pernikahan Adat Minangkabau 

Pernikahan dalam budaya masyarakat Padang, Sumatera Barat punya serangkaian upacara yang kompleks, salah satunya Manjapuik Marapulai, yaitu parade atau arak-arakan penjemputan pengantin laki-laki ke tempat pernikahannya. Besaran biaya yang harus disiapkan tentu tidak sedikit, apalagi jika jarak antara rumah calon mempelai pria dan perempuan jauh. 

Itu belum menghitung uang mahar, katering, dekorasi dan sebagainya. Jika ditotal satu pernikahan adat Minangkabau sangat mungkin untuk menghabiskan ratusan juta rupiah. Itulah mengapa pernikahan adat Minangkabau juga menjadi salah satu pernikahan adat termahal di Indonesia.  

7. Pernikahan Adat Bali 

Orang Bali juga cenderung menikah dengan tradisi mereka, yang juga membutuhkan biaya tidak sedikit karena adanya perarakan. Namun pararakan ini bisa tidak dilakukan. Jika dilakukan maka biayanya bisa mencapair ratusan juta rupiah.  

Selain itu, prosesi pernikahan adat Bali membutuhkan banyak hal, misalnya pakaian khusus beserta segala aksesorinya hingga sesajen yang harus disiapkan dalam jumlah cukup banyak. Prosesi adat pernikahan Bali juga mewah dan meriah.  

Itulah 7 pernikahan adat termahal di Indonesia. Semoga memberi informasi untuk Anda.

Artikel ini telah terbit di halaman iNews.id dengan judul 7 Pernikahan Adat Termahal di Indonesia, Ada yang Capai Miliaran Rupiah

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut