Logo Network
Network

Pos Bloc Medan Resmi Dibuka Untuk Umum

Jafar
.
Minggu, 30 Oktober 2022 | 21:21 WIB
Pos Bloc Medan Resmi Dibuka Untuk Umum
Pos Bloc Medan resmi dibuka (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - Kabar gembira bagi warga Medan dan sekitarnya. setelah menjalani renovasi fisik selama lebih dari enam bulan lamanya, tepat hari Sabtu (29/10/2022) malam, ruang kreatif publik Pos Bloc Medan diresmikan pembukaannya oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, Wali Kota Medan Bobby Nasution dengan didampingi oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Faizal Rochmad Djoemadi dan CEO Pos Bloc Jimmy Saputro beserta segenap jajarannya masing-masing.

Proyek Pos Bloc Medan yang merupakan kolaborasi antara PT Pos Properti Indonesia dengan PT Ruang Kreatif Pos telah melakukan revitalisasi aset Gedung Kantor Pos Medan yang telah berusia 111 tahun tersebut menjadi sebuah creative hub multi-fungsi bagi berbagai komunitas kreatif, pengembangan talenta lokal, pemberdayaan bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Pada area gedung yang telah ditetapkan sebagai Bangunan Cagar Budaya sesuai UU No 10 Tahun 2010 dan Peraturan Daerah Kota Medan No.2 Tahun 2012 tersebut akan hadir banyak tenant UKM/UMKM yang bergerak di berbagai bidang industri kreatif seperti kuliner, musik, film, fashion, hingga kriya.

Tenant-tenant yang telah membuka usaha mereka di Pos Bloc Medan terdiri dari tenant F&B seperti Gelato Secrets, Nelayan, Common Folks, Si Tea, Torei, Mak Judes, Keude Makbid, Es Coklat Gajah Mada, Aeki Cerita Kopi, Meat Me, Canggu Bakehouse, Titik Temu, Mini M Bloc Market, Wolle Wolly, Mak Mie, Offle, Kedai Seoul, Huta Fresh Market hingga Oh Donut. Sementara tenant non-F&B antara lain Photomatics, GrowLiving.co hingga Sovlo.

Selain itu, beberapa area di Pos Bloc Medan yang baru ini akan diperkenalkan sebagai berikut Esplanade, De Boer (alfresco area), Maidan Hall (ampiteater), Rotunda (aula utama), Taman, hingga Museum Pos Gallery.

Kantor Pos Medan yang terletak di jantung kota Medan, tepatnya di Jl Pos No.1. Kesawan ini memiliki luas bangunan 1.200 meter persegi, lebar 20 meter, panjang 60 meter serta tinggi 20 meter dirancang oleh arsitek Belanda Bernama Ir. Simon Snuyf dari Burgelijke

Openbare Werken (BOW), semacam Dinas Pekerjaan Umum Hindia Belanda. Bangunan kantor pos ini pertama kali dibangun pada tahun 1909 dan rampung pada 1911. Lokasinya persis berseberangan dengan Lapangan Merdeka yang pada zaman kolonial dulu disebut Esplanade, ruang terbuka utama di depan Gedung Balaikota.

Gedung Kantor Pos Medan ini sejak ratusan tahun yang lalu telah menjadi salah satu landmark kota Medan bersama dengan gedung-gedung lain di sekitarnya seperti Balaikota, Bank

Indonesia, hingga Hotel De Boer. Uniknya, arsitektur Gedung Kantor Pos Medan ini tidak sepenuhnya bergaya Eropa seperti Gedung era kolonial lain yang ada di sekitarnya, namun ia mengadopsi pula karakter lokalitas setempat.

"Saya melihat Pos Bloc Medan ini menjadi rumah UMKM. Jadi menjual produk UMKM itu ya harus seperti ini, harus dijual ditempat yang kreatif. Saya optimis ini bisa menjadi icon kota 

Medan. Jadi nanti kita integrasikan saja bagaimana Pos Bloc ini jadi semacam rumah kreatif UMKM, dimana anak-anak muda disini bisa terus mengembangkan kreatifitasnya menjadi tempat belajar, menjadi inkubator bagi UMKM yang mungkin nanti kita koneksikan juga dengan pembiayaan, koneksikan dengan akses kepada bahan baku, akses kepada kewirausahaan dan lain sebagainya. Sehingga nanti dengan begitu kita harapkan dengan para kurator di Pos Bloc ini, produk-produk UMKM pelan-pelan meningkat," jelas Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki Ketika meresmikan Pos Bloc Medan.

Sementara itu, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan pembangunan Pos Bloc ini nanti akan terintegrasi dengan pembangunan Lapangan Merdeka yang sudah kami mulai pada tahun ini. 

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini