get app
inews
Aa Read Next : Federasi Sepak Bola Vietnam Pecat Philippe Troussier usai Dipermalukan Indonesia

Ini Provinsi dengan Persentase Muslim Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Gorontalo

Kamis, 22 September 2022 | 10:00 WIB
header img
Masjid Walima Emas di Gorontlao (Foto: Instagram/@ssi_1933)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Berikut 10 provinsi dengan persentase muslim terbesar di Indonesia. Di mana, ada yang masih memegang teguh adat yang berlandaskan Islam. Bahkan, ada juga provinsi yang menerapkan syariat islam yang wajib ditaati oleh penduduknya.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Berdasarkan data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) , jumlah penduduk di Indonesia mencapai angka 237, 53 juta per tanggal 31 Desember 2021. Dan jika dipersentasekan, masyarakat Indonesia yang memeluk agama Islam sebesar 86,9%.

Dilansir dari laman uii.ac.id, Islam datang langsung ke Nusantara dari Arab pada abad pertama Hijriah atau ke-7 Masehi. Daerah yang pertama menerima Islam yakni Aceh tepatnya di Pasai, Aceh Utara dan Peurelak, Aceh Timur.

Kala itu, Khalifah Utsman bin Affan mengirimkan utusan ke China untuk memperkenalkan Islam. Utusan-utusan khalifah itu kemudian ada yang datang ke Nusantara yakni di Aceh.

Bukti dari Islam pertama dipeluk masyarakat Aceh yakni dengan berdirinya kerajaan Islam pertama di daerah tersebut bernama Samudra Pasai. Catatan penjelajah Marco Polo juga menyatakan bahwa terdapat banyak orang Arab menyebarkan agama Islam di Pasai pada tahun 692 Hijriyah/1292 Masehi.

Sementara itu, Ibnu Battutah, seorang penjelajah dari Maroko, dalam laporannya juga mencatat bahwa terdapat sekolah Syafi’I di Aceh pada tahun 746 Hijriyah / 1345 Masehi. Makam Fatimah binti Maimun di Gresik yang bertuliskan tahun 475 Hijriyah / 1082 Masehi juga menjadi bukti kehadiran orang Arab dan Islam di Pulau Jawa pada masa tersebut.

Masuknya Islam ke tanah Jawa tidak lepas dari peran besar Wali Songo yang mampu menyebarkan Islam dengan menggunakan pendekatan budaya sehingga bisa diterima dengan mudah oleh penduduk lokal.

Berikut 10 Provinsi dengan persentase muslim terbesar di Indonesia: 

1.  Aceh

Provinsi dengan persentase muslim terbesar di Indonesia pertama yakni Aceh. Provinsi yang dijuluki Serambi Mekkah ini memiliki persentase kependudukan masyarakat beragama muslim yang cukup besar yakni 98,57 persen. 

Jumlah penduduk di Aceh yang memeluk agama islam adalah 5,27 juta jiwa, dari jumlah keseluruhan penduduknya yakni 5,35 persen. Aceh juga menerapkan hukum berdasarkan syariat islam, yakni hukum jinayat. Para pelaku kejahatan akan dicambuk menggunakan rotan. 

2. Gorontalo 

Provinsi dengan persentase Muslim terbesar berikutnya yakni Gorontalo. Provinsi Gorontalo tercatat memiliki persentase penduduk beragama Islam sebesar 98,02 persen dari total populasi.  

Jumlah penduduk di Gorontalo sendiri yang memeluk agama Islam memiliki total sebesar 1.169, 57 jiwa dari total keseluruhan penduduk sebesar 1,2 juta jiwa. 

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut