Logo Network
Network

Ini Provinsi dengan Persentase Muslim Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Gorontalo

Fajar Hendra Jaya
.
Kamis, 22 September 2022 | 10:00 WIB
Ini Provinsi dengan Persentase Muslim Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Gorontalo
Masjid Walima Emas di Gorontlao (Foto: Instagram/@ssi_1933)

7. Jawa Timur

Berikutnya Provinsi Jawa Timur, salah satu provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesia. Provinsi yang beribukota di Surabaya ini memiliki jumlah penduduk total sebanyak 40,99 juta jiwa dengan persentase sebesar 97,21 persen dari jumlah keseluruhan penduduk di Jawa Timur.

Provinsi Jawa Timur juga memiliki banyak jejak peninggalan Islam dan makam para wali di antaranya Sunan Gresik, Sunan Ampel.

8. Sumatera Selatan 

Kembali ke Pulau Sumatera. Provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesia yakni, Sumatera Selatan.  

Provinsi yang ikonik dengan makanan pempek ini memiliki jumlah keseluruhan penduduk 8,49 juta jiwa dengan persentase pemeluk Islam sebesar 97.17 persen. 

9. Kalimantan Timur 

Beralih ke Pulau Kalimantan. Ada Kalimantan Timur yang masuk dalam deretan provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesia. Persentase pemeluk agama Islam di Tanah Borneo ini mencapai angka 97,02 persen dari total populasi 4,1 juta jiwa.  

10. Nusa Tenggara Barat 

Terakhir, provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesia adalah Nusa Tenggara Barat (NTB). Provinsi yang beribukota di Mataram ini memiliki jumlah penduduk total sebesar 5,41 juta jiwa dengan persentase penduduk muslim sebesar 96.83 persen. 

Ada satu tradisi di NTB terkait perayaan maulid nabi Muhammad SAW, yakni namanya Ruah Maulud. Yang mana acara ini merupakan acara pesta makan kecil-kecilan bersama kerabat dan saudara sebagai bentuk rasa syukur dan memperkuat rasa ukhuwah islamiyyah.

Demikian pembahasan mengenai provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesia yang bisa menambah wawasan mengenai agama Islam di Tanah Air.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini