Logo Network
Network

Ini Provinsi dengan Persentase Muslim Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Gorontalo

Fajar Hendra Jaya
.
Kamis, 22 September 2022 | 10:00 WIB
Ini Provinsi dengan Persentase Muslim Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Gorontalo
Masjid Walima Emas di Gorontlao (Foto: Instagram/@ssi_1933)

3. Bengkulu  

Provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesai selanjutnya Bengkulu. Provinsi yang dikenal dengan bunga Rafflesia Arnoldii ini memiliki persentase penduduk beragama muslim sebesar 97,67 persen.  

Jumlah penduduk keseluruhan di Bengkulu yakni 2.03 juta jiwa yang mendiami provinsi ini. 

4. Sumatera Barat 

Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi dengan persentase Muslim terbesar di Indonesia. Provinsi yang beribukota di Padang ini memiliki persentase penduduk muslim sebanyak 97,6 persen dari total populasi 5,6 juta jiwa. Provinsi yang memiliki sebutan Ranah Minang ini juga memiliki adat yang bersumber dari ajaran Islam, yakni Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah.

5. Jawa Barat 

Beralih ke Pulau Jawa. Provinsi dengan persentase penduduk Muslim terbesar di Indonesia yakni Jawa Barat.

Provinsi yang didominasi oleh Suku Sunda ini memiliki persentase pemeluk agama Islam terbesar di Pulau Jawa yakni sebesar 97,29 persen dari total populasi 47,59 juta jiwa yang menetap di Tanah Pasundan. 

6. Jawa Tengah 

Provinsi dengan persentase penduduk Muslim terbesar di Indonesia lainnya yakni, Jawa Tengah. Provinsi ini menempati urutan 6 provinsi di Indonesia yang memiliki persentase penduduk Muslim cukup besar. 

Persentase pemeluk agama Islam di Jawa Tengah sebesar 97,26 persen dari total populasi 37,23 juta penduduk yang tersebar luas di seluruh di Jawa Tengah. Ada sejumlah jejak peninggalan Islam dan makam wali di antaranya makam Sunan Kalijaga dan Sunan Kudus.

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini