get app
inews
Aa Read Next : Dapat Penghargaan Dari Serikat Buruh, Ini Harapan PJ Gubernur Sumut

Selain Farel Prayoga, Deretan Artis Cilik Ini Lebih Dulu Dapat Perhatian dari Pemerintah

Selasa, 06 September 2022 | 18:00 WIB
header img
Tidak hanya Farel Proyoga, pemerintah sebelumnya telah memberi perhatian pada sejumlah artis cilik yang punya prestasi. (Foto: celebrities.id/Instagram @falov_official)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Belakangan ini pemerintah seakan berlomba-lomba memberikan apresiasi kepada artis cilik Farel Prayoga.

Ya, usai viral lantaran menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke' depan Presiden Joko Widodo saat perayaan hari kemerdekaan ke-77 Indonesia, Farel benar-benar menyita perhatian publik sampai pemerintah sekalipun.

Dukungan Pemerintah untuk Artis Cilik

Selang satu hari setelah momen itu, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menyampaikan kabar bahwa dirinya memberikan sebuah piagam penghargaan kepada Farel Prayoga. 

Lewat kanal YouTube Pusdatin KumHam, Yasonna menobatkan Farel sebagai Duta Kekayaan Intelektual.

Yasonna Laoly menilai Farel Prayoga adalah pelajar berprestasi di bidang seni dan budaya tahun 2022 ini. Adapun predikat Duta Kekayaan Intelektual tersebut juga membawa keuntungan tersendiri bagi Farel.

Bocah 12 tahun mendapatkan Hak Kekayaan untuk performance-nya di istana negara beberapa waktu lalu. Artinya, orang lain tak bisa sembarang mengambil video tersebut.

"Ini teman-teman kalau sudah mau ambil, pakai penampilan itu, bayar!" kata Yasonna, dikutip daro kanal YouTube Pusdatin KumHam.

"Dia punya hak kekayaan intelektual, ada royaltinya. Nanti masuk LMKM" lanjut Yasonna.

Di samping penobatan Farel Prayoga sebagai Duta Kekayaan Intelektual, dukungan lain pun datang dari Menteri BUMN, Erick Thohir. Farel Prayoga akan menerima beasiswa dari sang menteri, meskipun belum bisa langsung lain alias masih dalam proses.

Apresiasi pemerintah terhadap artis cilik seperti Farel memang patut diacungi jempol. Tapi, adakah dukungan pemerintah pada artis cilik lain?

Jika menelusuri lewat mesin pencarian google, memang masih minim kabar pemerintah yang memberikan apresiasi serupa pada artis atau seniman cilik lainnya. Tapi bukan berarti tidak ada sama sekali.

Mundur pada tahun 2017 silam, seniman tari asal Solo yaitu Marvel Gracia diberikan penghargaan dari Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Di usianya yang kala itu masih menginjak 11 tahun, Marvel menerima Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi kategori Anak dan Remaja.

Tak hanya itu, seniman tarik suara bernama Woro Mustiko Siwi pun memboyong penghargaan serupa.

Selanjuta pada 2018, Marvel Gracia kembali menuai apresiasi dari pemerintah. Dirinya meraih penghargaan Anugerah Nasional Kekayaan Intelektual untuk kategori siswa inovatif dan kreatif di bidang hak cipta dan hal terkait yang diberikan langsung oleh Menkum HAM Yasonna Laoly.

Terang saja, di usia yang masih sangat muda, seniman asal solo ini sudah memiliki hak cipta atas empat tarian.

Dukungan Selain Penghargaan

Bentuk dukungan pemerintah tak melulu soal penghargaan. Perhatian khusus terhadap artis cilik atas karir mereka pun bisa dikatakan sebagai dukungan.

Masih ingat dengan sinetron "Suara Hati Istri : Zahra" yang mendapat kecaman lantaran sang aktris masih di bawah 17 tahun dan harus memerankan tokoh istri pria berusia 30 tahun? Hal ini pun langsung disorot tajam oleh menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga.

Demi melindungi para artis cilik, Bintang meminta orang tua lebih selektif maupun memperhatikan betul kontrak kerja anak sebelum ditandatangani. Termasuk pula mempelajari skenario yang akan diperankan anak, apakah apa unsur pelanggaran hak anak dan perempuan atau tidak.

Adapun artis cilik merupakan bibit seniman yang akan membanggakan Indonesia di masa depan. Untuk itu lah, ada baiknya jika pemerintah lebih gencar lagi untuk memberikan dukungan positif kepada para artis cilik berprestasi.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut