Logo Network
Network

Selain Farel Prayoga, Deretan Artis Cilik Ini Lebih Dulu Dapat Perhatian dari Pemerintah

Melati Pratiwi
.
Selasa, 06 September 2022 | 18:00 WIB
Selain Farel Prayoga, Deretan Artis Cilik Ini Lebih Dulu Dapat Perhatian dari Pemerintah
Tidak hanya Farel Proyoga, pemerintah sebelumnya telah memberi perhatian pada sejumlah artis cilik yang punya prestasi. (Foto: celebrities.id/Instagram @falov_official)

JAKARTA, iNewsMedan.id - Belakangan ini pemerintah seakan berlomba-lomba memberikan apresiasi kepada artis cilik Farel Prayoga.

Ya, usai viral lantaran menyanyikan lagu 'Ojo Dibandingke' depan Presiden Joko Widodo saat perayaan hari kemerdekaan ke-77 Indonesia, Farel benar-benar menyita perhatian publik sampai pemerintah sekalipun.

Dukungan Pemerintah untuk Artis Cilik

Selang satu hari setelah momen itu, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly menyampaikan kabar bahwa dirinya memberikan sebuah piagam penghargaan kepada Farel Prayoga. 

Lewat kanal YouTube Pusdatin KumHam, Yasonna menobatkan Farel sebagai Duta Kekayaan Intelektual.

Yasonna Laoly menilai Farel Prayoga adalah pelajar berprestasi di bidang seni dan budaya tahun 2022 ini. Adapun predikat Duta Kekayaan Intelektual tersebut juga membawa keuntungan tersendiri bagi Farel.

Bocah 12 tahun mendapatkan Hak Kekayaan untuk performance-nya di istana negara beberapa waktu lalu. Artinya, orang lain tak bisa sembarang mengambil video tersebut.

"Ini teman-teman kalau sudah mau ambil, pakai penampilan itu, bayar!" kata Yasonna, dikutip daro kanal YouTube Pusdatin KumHam.

"Dia punya hak kekayaan intelektual, ada royaltinya. Nanti masuk LMKM" lanjut Yasonna.

Di samping penobatan Farel Prayoga sebagai Duta Kekayaan Intelektual, dukungan lain pun datang dari Menteri BUMN, Erick Thohir. Farel Prayoga akan menerima beasiswa dari sang menteri, meskipun belum bisa langsung lain alias masih dalam proses.

Apresiasi pemerintah terhadap artis cilik seperti Farel memang patut diacungi jempol. Tapi, adakah dukungan pemerintah pada artis cilik lain?

Jika menelusuri lewat mesin pencarian google, memang masih minim kabar pemerintah yang memberikan apresiasi serupa pada artis atau seniman cilik lainnya. Tapi bukan berarti tidak ada sama sekali.

Mundur pada tahun 2017 silam, seniman tari asal Solo yaitu Marvel Gracia diberikan penghargaan dari Kementerian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Di usianya yang kala itu masih menginjak 11 tahun, Marvel menerima Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi kategori Anak dan Remaja.

Tak hanya itu, seniman tarik suara bernama Woro Mustiko Siwi pun memboyong penghargaan serupa.

Follow Berita iNews Medan di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.