get app
inews
Aa Read Next : Makan Terburu-buru Tidak Baik untuk Kesehatan

Dokter Gigi Sebut 4 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Merusak Kesehatan Gigi dan Mulut

Selasa, 30 Agustus 2022 | 18:00 WIB
header img
Jangan lakukan kebiasaan buruk merusak gigi (Foto: Dentaire)

iNewsMedan.id - Seringkali kesehatan gigi dan mulut dianggap remeh masyarakat. Pemikiran seperti ini harus dihilangkan karena kesehatan bagian oral ini memang sangat penting.

Tahukah Anda kalau gigi dan mulut itu adalah jendela dari kesehatan tubuh secara menyeluruh? Sebab, dari kondisi gigi dan mulut memang kurang lebih kesehatan seseorang bisa terdeteksi. Apakah mengidap penyakit tertentu, gaya hidup yang dijalani, apakah ada infeksi dan sebagainya.

Nah, dalam kehidupan sehari-hari sayangnya banyak dari kita yang sering melakukan beberapa kebiasaan buruk yang suka tidak disadari bisa merusak kesehatan gigi dan mulut. Apa saja kebiasaan yang diharapkan para dokter gigi, berhenti untuk dilakukan oleh orang-orang seperti dikutip dari Newsweek.

1. Menyikat gigi terlalu keras

Dikatakan dokter gigi Roopali Kulkarni, kebiasaan kebersihan mulut yang paling umum yang bisa berdampak negatif adalah menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi yang terlalu keras. Kebiasaan ini berpotensi menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi, yang menyebabkan masalah mulai dari enamel yang terkikis hingga gusi yang menyusut.

2. Pakai tusuk gigi

Sehabis makan, lalu ada sisa makanan yang terselip di gigi. Maka biasanya kita langsung menggunakan tusuk gigi untuk mencongkel-congkel sela-sela gusi dan gigi bukan? Oral Health Foundation (OHF mengatakan kebiasaan ini ternyata bisa sangat berbahaya bagi mulut dan gusi. Faktanya, menempelkan apa pun di antara gigi yang tidak dirancang secara ergonomis agar sesuai dengan ruang sela ini bisa berbahaya karena dengan mudah merusak gigi, membahayakan gusi, memicu infeksi dan sebetulnya tidak higienis. Alih-alih tusuk gigi, disarankan untuk memakai dental floss alias benang gigi.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut