get app
inews
Aa Read Next : Bulan Ramadan, BPJamsostek Cabang Medan Kota Bagikan 100 Paket Takjil

5 Cara Mengatasi Bau Mulut saat Berpuasa, Nomor 4 Hindari Makanan yang Lengket di Gigi

Minggu, 26 Maret 2023 | 12:00 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEDAN, iNewsMedan.id - Cara mengatasi bau mulut saat puasa ini menarik untuk diulas. Salah satunya, hindari makanan yang lengket di gigi.

Bau mulut memang wajar terjadi ketika menjalani ibadah puasa. Bau mulut terjadi karena minimnya produksi air liur akibat kita tidak makan dan minum seharian.

Tapi, bukan berarti mereka yang berpuasa akan memiliki bau mulut. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau mulut ketika Anda sedang menjalankan ibadah puasa.

Diterangkan Praktisi Kesehatan Universitas Indonesia Dokter Ari Fahrial Syam, bau mulut sebenarnya dapat diminimalkan selama berpuasa. Upaya yang bisa dilakukan adalah memastikan makanan yang dikonsumsi tidak sembarang hingga menjaga kebersihan mulut dengan baik dan benar.

"Bau mulut bisa diminimalisir dengan memperhatikan kebersihan mulut dan mengonsumsi makanan, minuman, dan buah-buahan yang baik untuk kebersihan mulut," katanya.

Berikut tips menghilangkan bau mulut saat puasa tanpa membatalkan puasa bakal yang bisa dilakukan Anda:

1. Konsumsi buah dan sayuran saat sahur

Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama berbuka dan sahur menjadi penting. Sebab, beberapa buah-buahan tertentu seperti semangka dan bengkuang merupakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air.

2. Bersihkan sela gigi dengan dental floss

Gosok gigi dan sikat lidah saja tidak cukup. Dokter Ari menyarankan juga untuk menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Ini diperlukan untuk memaksimalkan pembersihan gigi.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut