get app
inews
Aa Read Next : APK Dilarang Dipasang di Jalan Adi Sucipto, Kolonel Pnb Ucok Hutajulu: TNI Harus Netral

10 Daftar Pulau Terluar yang Ada di Indonesia, Nomor 4 Pulau Berhala di Sumut

Minggu, 28 Agustus 2022 | 09:00 WIB
header img
Pulau terluar di Indonesia, salah satunya Pulau Berhala di Sumatera Utara. (Foto: kkp.go.id).

SUMATERA UTARA, iNewsMedan.id - Pulau terluar di Indonesia secara administratif masih masuk wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan pulau yang sangat banyak.

Sebanyak 17.000 pulau di Indonesia yang terdiri dari gugus pulau besar berpenghuni dan juga pulau kecil tak berpenghuni. Pulau terluar di Indonesia ini mayoritas  masyarakatnya bergantung pada negara sebelah karena jaraknya lebih dekat dengan negara tetangga

Namun, masih banyak masyarakat di pulau terluar yang mengandalkan pasar nasional untuk menjual hasil bumi maupun berbelanja memenuhi kebutuhan rumah tangga. 

Berikut 10 pulau terluar yang ada di Indonesia:

1. Pulau Kisar

Terletak di Selat Wetar, perbatasan antara Maluku dengan Timor Leste. Secara administratif, Pulau Kisar ini masuk ke dalam wilayah Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku.

Pulau ini memiliki panorama laut yang cantik, jika dilihat dari atas bukit. Penduduk di pulau ini mengandalkan hasil sektor pangan untuk bertahan hidup dengan bercocok tanam kacang-kacangan, buah, sayur mayur dan lain sebagainya. 

Menuju pulau ini, bisa menaiki pesawat model Casa 212 berkapasitas 18 orang. Di sini terdapat bandara yang tergolong memiliki landasan pacu yang cukup kecil, yaitu hanya sepanjang  800 meter. 

2. Pulau Rondo

Secara administratif termasuk ke dalam wilayah provinsi Aceh dan dulunya dijadikan sebagai pusat kilometer 0 di Indonesia, sebelum akhirnya dipindahkan ke Sabang. 

Pulau ini sering disebut sebagai penjaga Indonesia lantaran berada di wilayah paling utara di Tanah Air dan  berbatasan langsung dengan India. 

Di pulau ini juga masih banyak sisa peninggalan TNI karena wilayah ini dulu dijaga ketat oleh militer angkatan laut sebagai pengamanan teritorial wilayah tersebut, agar tidak ada imigran gelap yang melanggar batas wilayah untuk masuk ke wilayah perairan Pulau Rondo.

3. Pulau  Liran

Letaknya sangat dekat dan berbatasan dengan Timor Leste. Berada di Selat Wetar, termasuk Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku. 

Pulau Liran memiliki tugu perbatasan dan dijadikan sebagai batas wilayah yang jelas antar negara. Pemandangan yang disajikan sangat memukau mata dengan hamparan lautan luas yang belum pernah dijamah oleh siapapun.

4. Pulau Berhala

Letaknya berada di Selat Malaka dan masih masuk dalam wilayah kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Di sini memiliki penangkaran penyu yang masih terjaga kelestarian pulaunya. Pemandangan disajikan juga menakjubkan dengan hamparan pasir putih yang lembut dan air jernih bisa selami untuk melihat secara jelas ekosistem yang hidup di lautan Pulau Berhala.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut