get app
inews
Aa Read Next : APK Dilarang Dipasang di Jalan Adi Sucipto, Kolonel Pnb Ucok Hutajulu: TNI Harus Netral

10 Daftar Pulau Terluar yang Ada di Indonesia, Nomor 4 Pulau Berhala di Sumut

Minggu, 28 Agustus 2022 | 09:00 WIB
header img
Pulau terluar di Indonesia, salah satunya Pulau Berhala di Sumatera Utara. (Foto: kkp.go.id).

5. Pulau Alor

Walaupun letaknya cukup terluar di Indonesia, tempat hidden gem yang satu ini akan membuat rasa lelahmu menjadi hilang seketika, walaupun butuh perjuangan untuk mencapai di pulau ini. Letaknya berada di sebelah Flores dan Lembata.

Pulau ini memiliki bentang alam yang sangat indah dan wisata bawah lautnya yang cantik. Sayangnya, untuk menuju ke lokasi memerlukan perjuangan lebih karena tak banyak pesawat mendarat di pulau itu dan lokasinya yang cukup sulit untuk dicapai.

6. Pulau  Dolangan

Berlokasi di Laut Sulawesi ini menjadi batas antara Indonesia, Malaysia dan Filipina. Secara administratif, wilayah tersebut terdaftar menjadi bagian dari pemerintah Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

Pulau ini memiliki  terumbu karang yang cantik dan unik. Selain itu, banyak ikan spesies menarik dengan warna-warna mencolok di perairan ini dan pemandangan yang eksotis sangat  cocok bagi para pecinta wisata bahari.

7. Pulau Jemur

Secara administratif terdaftar sebagai wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Jemur termasuk pulau terluar lantaran berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Malaysia. 

Jarak yang dapat ditempuh ke negeri Jiran kira-kira hanya 64,3 kilometer menuju Pelabuhan Klang di Malaysia. Memiliki panorama laut indah dan bebatuan menawan serta suasana sepi, sangat cocok untuk yang ingin healing dari aktivitas kantor yang melelahkan.

8. Pulau Miangas

Terletak paling utara dekat perbatasan antara Indonesia dengan Filipina . Pulau ini Kecamatan Miangas, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara. 

Jika berdiri di bibir pantai di pulau Miangas, pengunjunga dapat secara jelas melihat negara Filipina karena jaraknya tidak terlalu jauh.

Menuju Filipina hanya berjarak 200 kilometer, sedangkan jika ke Manado, perjalanannya mencapai 500 kilometer perjalanan laut maupun darat. 

Akses perdagangan dan pemenuhan bahan makanan pokok lebih sering dilakukan masyarakat Miangas ke negara tetangga.

9. Pulau Rote

Merupakan pulau yang berada di bagian selatan Indonesia, terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk menuju ke pulau Rote ini memerlukan kapal laut dari Kota Kupang yang nantinya akan bersandar di pelabuhan Kabupaten Rote Ndao.

Walaupun lokasinya sangat terluar di ujung selatan Indonesia, pulau Rote menyimpan destinasi pariwisata yang begitu memukau, terutama dari wisata baharinya. 

Lonjakan turis di pulau ini pun meningkat, domestik maupun mancanegara.

10. Pulau Simeulue

Berada di wilayah Aceh. Jaraknya cukup jauh dari Aceh, yakni 150 kilometer dari lepas pantai barat Aceh. 

Saking jauhnya dari keramaian, ada beberapa daerah yang masih belum terjamah akses internet, sehingga masih ada beberapa tempat tersebut masyarakatnya menjadi gagap teknologi ( gaptek). 

Belum lagi, aksesnya yang sulit, pengunjung bisa menggunakan pesawat kecil dan mendarat di bandara Lasikin, di Sinabang dengan waktu tempuh empat jam dari bandara Kualanamu Medan.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut