get app
inews
Aa Read Next : Keracunan Makanan Tunggal Putra Malaysia Lee Zii Jia Mundur dari Indonesia Masters 2024

5 Negara dengan Peraih Medali Terbanyak di Kejuaraan Dunia BWF, Nomor 2 Indonesia

Selasa, 23 Agustus 2022 | 20:00 WIB
header img
Pebulu tangkis legendaris Indonesia Rudy Hartono pernah menjuarai Kejuaraan Dunia BWF pada 1980. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsMedan.id - 5 negara dengan peraih medali terbanyak di Kejuaraan Dunia BWF patut untuk diulas. Salah satunya Indonesia yang sukses mengungguli Jepang. 

Badminton World Federation (BWF) kembali menyelenggarakan salah satu kompetisinya yaitu Kejuaraan Dunia BWF yang diadakan pada 22 sampai 28 Agustus 2022 di Tokyo, Jepang. Dalam kejuaraan ini, pemain bulu tangkis dari seluruh dunia berkumpul dan berkompetisi untuk memperebutkan penghargaan internasional. 

Indonesia sendiri pertama kali mengikuti ajang bulu tangkis internasional pada tahun 1950-an di mana para atlet bersatu di bawah naungan Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Sejak saat itulah, Indonesia sering mengirimkan atlet-atlet terbaiknya untuk turun dalam berbagai kompetisi internasional, termasuk Kejuaraan Dunia.

Sederet prestasi dan medali telah para pebulu tangkis Indonesia kumpulkan untuk mengharumkan negara. Tidak heran jika Indonesia dikenal unggul dan kuat dalam bidang olah raga satu ini. 

Sudah 45 tahun Kejuaraan Dunia bergulir, banyak atlet yang telah membawa pulang medali untuk negaranya. Medali-medali tersebut menjadi kebanggaan tersendiri dan menjadi bukti keunggulan suatu negara dalam bidang tertentu. Lalu, negara apa saja yang unggul dalam bidang bulu tangkis? Berikut lima negara dengan pemain bulu tangkis terbaik.

5 Negara Peraih Medali Kejuaraan Dunia BWF Terbanyak: 

1. China

China terkenal akan berbagai prestasinya di ajang kompetisi dunia. Negara ini selalu menjadi langganan dalam kemenangan sebuah turnamen. Tak heran jika negara ini menjadi negara paling sukses dalam Kejuaraan Dunia. Setiap tahunnya, China selalu menyumbangkan nama juara yang berdiri di podium kemenangan. China sudah berkali-kali menjadi juara berurut dalam Kejuaraan Dunia. Dari tahun 2001 sampai 2011, China berhasil mempertahankan posisinya sebagai juara tunggal putri di ajang Kejuaraan Dunia. 

Sejauh ini, China telah mengumpulkan 191 medali dengan rincian 67 medali emas, 47 medali perak, dan dan 77 medali perunggu. Prestasi itu tentunya tidak lepas dari peran para atlet China yang berbakat seperti Chen Yu Fei, He Ji Ting, dan Chen Qing Chen. 

2. Indonesia 

Dikenal unggul dalam bidang bulu tangkis, Indonesia menempati peringkat dua dalam perolehan medali terbanyak dalam Kejuaraan Dunia. Indonesia mempunyai sederet atlet bulu tangkis berprestasi yang telah mengharumkan nama negara di kancah internasional, seperti Anthony Ginting, Jonatan Christie, dan Greysia Polii. 

Berbagai prestasi terus dicetak sejak awal keikutsertaanya pada ajang internasional di tahun 1950-an. Kemenangan perdana Indonesia dalam ajang Kejuaraan Dunia adalah saat Rudy Hartono dan Verawaty Fadjrin menjadi pemenang dalam nomor tunggal putri dan tunggal putra di Kejuaraan Dunia 1980. Hingga saat ini, Indonesia telah berhasil mengumpulkan 77 medali yang di antaranya adalah 23 medali emas, 18 medali perak, dan 36 medali perunggu.

Editor : Odi Siregar

Follow Berita iNews Medan di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut