get app
inews
Aa Read Next : Keracunan Makanan Tunggal Putra Malaysia Lee Zii Jia Mundur dari Indonesia Masters 2024

5 Negara dengan Peraih Medali Terbanyak di Kejuaraan Dunia BWF, Nomor 2 Indonesia

Selasa, 23 Agustus 2022 | 20:00 WIB
header img
Pebulu tangkis legendaris Indonesia Rudy Hartono pernah menjuarai Kejuaraan Dunia BWF pada 1980. Foto: Istimewa

3. Denmark 

Dari Eropa, ada negara Denmark yang menjadi negara dengan pebulu tangkis terbaik di dunia. Hal ini dapat dilihat dari perolehan prestasinya di berbagai kompetisi bulu tangkis internasional. Bahkan, pemain tunggal putra Viktor Axelsen dan Anders Antonsen berhasil menduduki peringkat pertama dan ketiga dalam BWF World Ranking. 

Denmark bahkan menjadi negara pertama yang memenangkan Kejuaraan Dunia pada 1977. Salah satu pemainnya, Lene Koppen, berhasil menyabet dua medali emas sekaligus di nomor tunggal putri dan ganda campuran bersama Steen Skovgaard. Dari awal kemenangannya tersebut, Denmark telah berhasil menyabet 64,5 medali dengan rincian 10,5 medali emas,14 medali perak, dan 40 medali perunggu.

4. Korea Selatan 

Selain industri hiburan yang maju, kualitas bulu tangkis di negara ini juga tidak dapat diremehkan. Korea Selatan menempati peringkat empat dalam perolehan medali di Kejuaraan Dunia. Salah satu legenda bulu tangkis asal Korea Selatan adalah Kim Dong Moon yang terkenal akan permainan gandanya. 

Bersama Ra Kyung Min, Kim berhasil memenangkan 10 ajang beruntun, termasuk Kejuaraan Dunia. Selama masa kariernya, Kim berhasil menyabet berbagai prestasi dalam Kejuaraan Dunia. Di tahun 1999, Kim berhasil meraih dua emas sekaligus dalam ganda putra dan ganda campuran. Sementara di tahun 2001, dia berhasil meraih perak pada ganda campuran dan ganda putra. 

Perolehan medali yang diraih Korea Selatan pun tidak jauh berbeda dari Denmark. Sama seperti Denmark, Korea Selatan berhasil meraih 10 medali emas dan 14 medali perak hingga saat ini. Namun, terdapat perbedaan pada jumlah medali perunggu. Korea Selatan sejauh ini berhasil mengumpulkan 31 medali perunggu selama keikutsertaannya dalam Kejuaraan Dunia. 

5. Jepang 

Terakhir, ada negara Jepang di peringkat kelima. Negara yang dikenal unggul dalam teknologi ini juga unggul dalam bidang olahraga. Banyak atlet bulu tangkis Jepang yang telah menorehkan prestasinya dalam ajang olimpiade maupun Kejuaraan Dunia. Prestasinya dalam bulu tangkis dapat dilihat dalam World Ranking BWF di mana ada banyak pebulu tangkis asal Jepang yang masuk dalam daftar unggulan. 

Hiroe Yuki menjadi salah satu legenda bulu tangkis Jepang yang telah membawa kemenangan pada kompetisi All England tahun 1970-an. Jepang sempat mengalami kemunduran pada bulu tangkis, di mana China berhasil mengunggulinya, terutama pada Kejuaraan Dunia. Namun, Jepang kembali bangkit dengan membawa pulang medali emas pada Kejuaraan Dunia 2017 yang dimenangkan oleh Nozomi Okuhara. Sejauh ini, Jepang telah berhasil mengumpulkan 33 medali dalam ajang Kejuaraan Dunia dengan rincian 8 medali emas,7 medali perak, dan 18 medali perunggu. 

Itulah 5 negara peraih medali Kejuaraan Dunia BWF terbanyak. Semoga pada edisi 2022 ini, wakil Indonesia menggapai podium agar torehan medali bisa mengejar China.

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut