get app
inews
Aa Read Next : Ternyata 4 Negara Ini Nilai Mata Uangnya Lebih Rendah dari Rupiah

5 Negara Paling Sepi di Dunia, Apa Saja?

Minggu, 17 Juli 2022 | 08:30 WIB
header img
Deretan negara paling sepi di dunia salah satunya Mongolia. (Foto: worldatlas)

JAKARTA, iNews.id - Setiap negara tentu memiliki situasi dan kondisi yang berbeda. Seperti, beberapa negara ini memiliki jumlah penduduk yang sedikit daripada lainnya.

Alhasil, negara ini bisa dikatakan sepi. Namun untuk mengetahuinya, kita harus menghitung perbandingan antara jumlah penduduk dan luas wilayahnya. 

Semakin besar hasil angka perbandingannya maka semakin padat wilayahnya. Sebaliknya, semakin kecil angkanya maka semakin sepi negara itu. 

Berikut deretan negara paling sepi di dunia berdasarkan worldatlas.com: 

1. Greenland

Greenland merupakan wilayah yang didominasi lapisan es. Wilayah ini berada di bawah naungan Denmark namun memiliki tingkat otonomi luas. 

Greenland memiliki luas wilayah mencapai 2,166,086 km². Namun jumlah penduduknya hanya berkisar 56.770 pada 2020 lalu. Alhasil tingkat kepadatan penduduknya hanya mencapai 0,2 jiwa/km². 

2. Kepulauan Falkland

Kepulauan Falkland terletak di lepas pantai selatan Argentina. Mereka dikenal sebagai Islas Malvinas dalam bahasa Spanyol. 

Pulau-pulau itu menjadi titik fokus perselisihan antara Argentina dan Inggris hingga hari ini. Hal ini tak lepas dari sejarah perebutan yang melibatkan dua negara tersebut. 

Kepulauan ini memiliki luas wilayah mencapai 12.173 km² dengan jumlah penduduk 3.480 pada 2020. Maka kepadatan penduduknya hanya 0,2 jiwa/km².

Editor : Odi Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut