Selain itu, SM Operasi PTP Nonpetikemas, Panji Bharata, menegaskan bahwa K3 merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan operasional PTP Nonpetikemas sebagai pengelola terminal layanan pelabuhan yang penuh risiko kecelakaan kerja.
SM Sekretaris Perusahaan Fiona Sari Utami menerangkan, kegiatan safety awareness & peningkatan kompetensi K3 ini merupakan bagian dari komitmen PTP Nonpetikemas dalam menjunjung budaya keselamatan kerja dilingkungan Pelabuhan, baik untuk internal maupun eksternal.
Sejalan dengan implementasi ISO 26000, PTP Nonpetikemas mempertimbangkan berbagai faktor seperti sosial, hukum, ekonomi, serta mengikuti tujuh subjek inti ISO 26000, termasuk Praktek Ketenagakerjaan, yang menekankan perlindungan terhadap hak-hak tenaga kerja, terutama dalam hal keamanan dan kesehatan.
“Kami selalu mengutamakan kesejahteraan karyawan sebagai bagian dari implementasi TJSL, oleh karena itu, perusahaan mengintegrasikan aspek-aspek ini dalam strategi, operasional, dan keputusan bisnis yang melibatkan stakeholder, pengelolaan risiko, serta kinerja tanggung jawab sosial," ujar Fiona.
Sebagai wujud komitmen terhadap budaya K3 di lingkungan PTP Nonpetikemas dan kelancaran operasional, acara ini ditutup dengan Penandatanganan Komitmen Bersama oleh perwakilan dari Dinas Ketenagakerjaan (DISNAKER), KSOP, TKBM, petugas kebersihan, security, dan manajemen, yang menegaskan komitmen semua pihak untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja di pelabuhan.
Editor : Chris
Artikel Terkait