Seminar Nasional APPERTI Sumut: BP PTS Harus Buka Ruang Bisnis Untuk Kemajuan Kampus

Jafar
Ketua APPERTI Sumut Indra Gunawan bersama para narasumber dan pengurus APPERTI di Kampus UISU, Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan. Foto: Istimewa

Ia juga menyampaikan pentingnya inovasi dan penelitian guna mendukung kampus unggul menuju world class. Hal ini selaras dengan diresmikannya Sentra Kekayaan Intelektual Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), yang nantinya menjaga dan melindungi kekayaan intelektul dosen dan mahasiswa UISU.

Kakanwil Kemenkumham Sumut Anak Agung Gde Krisna, juga sepakat kegiatan inovasi dan penelitian perlu ditingkatkan. Kemenkumham, kata dia, akan membackup dan membantu penerbitan hak paten, yang nantinya dipublikasikan.

"Sentra kekayaan intelektual UISU diharapkan menjadi gong dalam pembuatan hak atas kekayaan intelektual," harapnya, menjelaskan Kekayaan Intelektual mencakup hak paten, merek, desain industri, hak cipta, indikasi geografis dan rahasia dagang.

Sedangkan Ketua Umum APPERTI Pusat Mansyur Ramli dan Ketua Pembina M Budi Djatmiko, menyampaikan secara umum pengalaman mereka membangun unit-unit usaha, yang diharapkan diikuti universitas lainnya.

Ketua APPERTI Sumut Indra Gunawan saat menyampaikan sambutan, menjelaskan bahwa seminar nasional dikaitkan dengan persiapan rapat kerja APPERTI Sumut, sekaligus peresmian kantor sekretariat APPERTI Sumut dan peresmian Sentra Kekayaan Intelektual UISU.

Hal itu sekaligus juga meningkatkan pemahaman seluruh BP PTS di bawah naungan APPERTI terhadap tata kelola BP PTS, baik yang berbentuk yayasan maupun perkumpulan.

"Kita ketahui bahwa tata kelola BP PTS dalam hal ini tata kelola non akademik yang menjadi domain kita. Salah satu permasalahan, selain masalah pajak PBB dan pajak Badan yang harus dirasionalisasikan, juga masalah pendanaan dan perluasan jaringan melalui kerja sama di lingkungan APPERTI," ujar Indra yang juga Ketua Umum Pengurus Yayasan UISU.

Ia mengucapkan terima kasih atas kehadiran nara sumber dan pimpinan BP PTS serta pimpinan Perguruan Tinggi Swasta, dan berharap hasil dari seminar nasional dapat diaktualisasikan BP PTS yang tergabung dalam APPERTI.

Editor : Odi Siregar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network