Peserta BPJamsostek Usia 56 Tahun Diimbau untuk Mencairkan JHT

Odi Siregar
Peserta BPJamsostek Usia 56 Tahun Diimbau untuk Mencairkan JHT. (Foto: Istimewa)

MEDAN, iNewsMedan.id - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Utara mengimbau kepada peserta yang telah berusia 56 tahun untuk mengajukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT).

Kepala Kantor Cabang Medan Utara, Raden Harry Agung Cahya, mengimbau para peserta yang berdomisili di Kota Medan dapat mencairkan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) secara onsite dengan mengunjungi Kantor Cabang Medan Utara yang beralamat di Jalan Marelan Raya No. 108, Medan.

"Pencairan juga dapat dilakukan melalui kanal online di website BPJSketenagakerjaan atau melalui aplikasi JMO (Jamsostek Mobile), " katanya, Sabtu (27/4/2024).

Harry menjelaskan bahwa program JHT ditujukan sebagai pengganti terputusnya penghasilan tenaga kerja karena berhenti bekerja atau pensiun, meninggal dunia, cacat tetap total atau telah memasuki usia 56 tahun, besaran manfaat JHT merupakan akumulasi dari iuran peserta ditambah dengan hasil pengembangan yang merupakan hak para pekerja dan akan dikembalikan kepada pekerja supaya manfaatnya secara optimal dapat dirasakan oleh peserta BPJamsostek sebagai persiapan di masa tua.

"Peserta dapat memanfaatkan haknya atas iuran yang telah dibayarkan dan dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan selama bekerja untuk mendukung kesejahteraannya," ungkapnya.

Mekanisme pencairan secara online maupun onsite tersebut dapat dimanfaatkan oleh peserta guna mempermudah proses pencairan klaim Jaminan Hari Tua. Layanan pencairan JHT juga dimudahkan dengan Aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) bagi peserta memiliki total saldo JHT maksimal 10 juta yang bisa akses di handphone android atau ios masing-masing peserta.

Tawaran kemudahan dalam mengakses berbagai informasi, layanan termasuk klaim dana Jaminan Hari Tuanya, BPJS Ketenagakerjaan telah menghadirkan satu perangkat khusus yakni aplikasi JMO mobile tanpa harus datang ke kantor cabang terdekat. Kelebihan perangkata ini, proses klaim cukup dilakukan dalam singkat. Proses tersebut lebih cepat daripada tahun-tahun sebelumnya yang membutuhkan waktu tujuh hari kerja.

"Aplikasi JMO merupakan fasilitas unggulan kami dalam memudahkan pelayanan. fasilitas pengajuan klaim JHT ini dapat diunduh oleh seluruh peserta melalui smartphone," tutup Harry.

Editor : Odi Siregar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network