Mirip Suporter Bola Kehadiran Ramai Tim Pendukung di Debat Capres 2024, Aksi Gibran Disesali

Muhammad Farhan
Mirip suporter bola saat kehadiran ramai dari tim pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden (paslon Capres-Cawapres) di debat capres 2024.Foto: Arif Julianto

JAKARTA, iNewsTangsel.id -  Mirip suporter bola saat kehadiran ramai dari tim pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden (paslon Capres-Cawapres) di debat capres 2024.

Titi Anggraini, anggota Dewan Pembina Perludem, menyatakan terganggu oleh kehadiran ramai dari tim pendukung paslon Capres-Cawapres.

Titi bahkan menegaskan bahwa aksi Gibran Rakabuming, cawapres 02, yang meminta dukungan sorak-sorai dari penonton sebenarnya tidak diperlukan agar tidak menciptakan atmosfer seperti dalam pertandingan sepakbola.

Dia menjelaskan bahwa jumlah penonton dari tim pendukung paslon sebaiknya dikurangi untuk memastikan jalannya debat tetap fokus pada substansi Visi-Misi yang ingin disampaikan secara utuh. Titi mengusulkan agar KPU mengevaluasi kehadiran keramaian tim pendukung paslon untuk menghindari gangguan terhadap jalannya debat, karena seringkali moderator harus mengendalikan keramaian tersebut.

"Kami dari Perludem mengusulkan agar debat tersebut hanya berfokus pada calon, panelis, moderator, atau tim inti yang terlibat. Tidak perlu kehadiran dalam jumlah besar," ujar Titi dalam diskusi media Koalisi Masyarakat Sipil Kawal Pemilu melalui aplikasi Zoom pada Rabu (13/12/2023).

"Ideanya adalah agar KPU mengevaluasi beberapa aspek teknis semacam ini karena fokus debat yang seharusnya pada substansi terganggu dan terkesan seperti pertandingan sepakbola dengan dukungan suporter," tambahnya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network